Bendung Pengaruh Rusia, AS Siap Kirim Pasukan ke Tunisia

Amerika Serikat sedang mempertimbangkan mengirim brigade pasukan ke Tunisia ‘untuk tujuan pelatihan’ untuk melawan ‘ancaman Rusia’ terhadap keamanan regional, Komando Afrika AS (AFRICOM) mengumumkan, setelah percakapan telepon pada 28 Mei antara Komandan AFRICOM Jenderal Stephen Townsend dan Menteri Pertahanan Tunisia Imed Hazgui.

“Ketika Rusia terus mengipasi kobaran konflik Libya, keamanan regional di Afrika Utara menjadi perhatian yang meningkat. Kami sedang mencari cara baru untuk mengatasi masalah keamanan bersama dengan Tunisia, termasuk penggunaan Brigade Bantuan Pasukan Keamanan kami, “kata Townsend, komentarnya muncul dalam pernyataan pers AFRICOM Jumat malam seperti dilansir oleh media Southfront.org

“Tunisia adalah contoh utama tentang bagaimana dukungan AS kepada mitra Afrika kami membantu kemandirian, keamanan, dan pembangunan jangka panjang. Hubungan kami dengan Tunisia dipusatkan pada peningkatan kemitraan kami untuk mencapai tujuan keamanan bersama, ”tambah sang jenderal.

Moskow telah berulang kali membantah tuduhan keterlibatan dalam perang saudara Libya, menekankan bahwa mereka ingin melihat penyelesaian diplomatik di negara yang dilanda perang, dan mengingat bahwa kekacauan di LIbya disebabkan oleh militer NATO di negara itu pada 2011 yang mengubah Libya menjadi hancur sampai sekarang.

Baca Juga:  Usia Masih Muda, 96 Unit Gripen C/D Milik Swedia Terpaksa Pensiun dan Dicincang

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan