Bocor Video Kuwait Resmikan Anjungan Di Lokasi Penyebab Perang Teluk 1990

Masih ingat dengan perang teluk tahun 1990 antara Irak dan Kuwait yang kemudian diiringi berbagai fitnah hoax ke Irak lalu diakhir dengan invasi Amerika Serikat ke Irak.

Sebuah cuplikan dari klip video yang direkam pada 21 September 2021 dan baru bocor ke publik kemarin di timur tengah, menunjukkan personel di anjungan Bubiyan Fanar memberi hormat saat menteri pertahanan Kuwait terbang dengan helikopter.

Anjungan Bubiyan Fanar tersebut adalah situs yang diperebutkan oleh Irak dan Kuwait sekaligus pemicu invasi Irak ke Kuwait pada tahun 1990.

Pemerintah Irak telah resmi melancarkan protes atas pencaplokan wilayah sengketa tersebut oleh Kuwait.

Kuwait berdalih bahwa anjungan dibangun bukan untuk sekedar eksplorasi minyak tapi juga untuk pusat kordinasi lalu lintas maritim.

Sebuah video yang dirilis oleh Armada ke-5 Angkatan Laut AS pada 8 Juni mengatakan komandannya, Laksamana Madya Brad Cooper, menghadiri upacara pemotongan pita untuk pusat koordinasi lalu lintas maritim selama kunjungan baru-baru ini ke Kuwait. “Pusat tersebut berfungsi sebagai fasilitas navigasi lepas pantai untuk lalu lintas maritim regional,” katanya.

Sebuah model anjungan lepas pantai dengan nama Babiyan Fanar di helipadnya ditampilkan selama upacara tersebut.

Platform Babiyan Fanar yang sebenarnya terlihat dalam klip video yang dirilis pada September 2021 oleh militer Kuwait, yang dikatakan dioperasikan oleh Angkatan Laut Kuwait.

Baca Juga:  Pesawat F-16 Tua AU Taiwan Makin Canggih Setelah Upgrade

Kondisi ini jelas memanaskan situasi timur tengah. Irak yang saat ini disokong oleh Iran dan Rusia bukan tidak mungkin akan berani melancarkan serangan ke negara sekecil Kuwait dan menjadikan kuwait menjadi Yaman jilid II. walau di belakang kuwait ada AS dan NATO>

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan