Brazil Lelang Bekas Kapal Induknya.

Kementerian Pertahanan Brasil telah mengumumkan pada hari Senin (23 September) bahwa kapal induk yang telah dipensiunkan “Sao Paulo” sedang dijual dengan tawaran pembukaan $ 1,2 miliar.

Sebagai kapal perang terbesar yang pernah berdinas dengan bendera Brasil, kapal induk Sao Paulo diakuisisi oleh Angkatan Laut Brasil dari Perancis pada tahun 2000 senilai $ 12 juta. Kapal itu dibeli untuk menggantikan kapal induk Minas Gerais yang dibeli dari Inggris, yang dioperasikan untuk Brasil antara tahun 1960 dan 2001.

Ketika masih berdinas, Sao Paulo adalah kapal induk tertua di dunia. Kapal itu diluncurkan pada tahun 1960 dan pernah berdinas pada Angkatan Laut Perancis dengan nama FS Foch antara tahun 1963-2000.

Setelah dibeli oleh Angkatan Laut Brasil, kapal tersebut memiliki karir yang pendek dan agak bermasalah, mengalami beberapa masalah mekanis dan kecelakaan. Karena insiden-insiden tersebut, kapal itu menghabiskan lebih banyak waktunya di galangan kapal daripada di laut. Pada bulan Februari 2017 komando AL Brasil memutuskan mempensiunkan Sao Paulo.

Menurut data yang dikumpulkan dari AL Brasil, Sao Paulo menghabiskan total 206 hari di laut, menjalani 54.024,6 mil (85.334 km), melakukan 566 peluncuran pesawat dengan catapult. Pesawat utama yang dioperasikan di kapal itu adalah pesawat tempur AF-1, sebutan AL Brasil untuk McDonnell Douglas A-4 Skyhawk, yang sekarang dioperasikan AL Brasil dari pangkalan-pangkalan darat.

Baca Juga:  Putin Kirim Utusan Khusus Temui Jokowi, Puji Kebijakanya

Institut Sao Paulo | Foch, yang dibentuk oleh sekelompok penggemar Brasil dan Perancis dan mantan personel militer, adalah salah satu pihak yang paling tertarik untuk memperoleh kapal induk Sao Paulo itu. Tujuan organisasi tersebut adalah untuk mengubah kapal itu menjadi museum terapung.

Dalam rangka menghormati nama kapal induk Sao Paulo (negara bagian terpadat dan terkaya di Brasil), organisasi itu berencana untuk mentransfer kapal itu ke pelabuhan Santos. Lelang kapal induk bekas AL Brasil itu akan diadakan pada tanggal 27 September esok.

Sumber : navalnews.net, TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan