Buka Data, AL Malaysia Bantah Kapal Selamnya Engak Bisa Nyelam

Beberapa tahun yang lalu Netizen Malaysia dan Indonesia dibuat heboh dengan kabar bahwa kapal selam Scorpene AL Malaysia yaitu KD Tun Razak dan KD Tunku Abdul Rahman tidak bisa menyelam, namun benarkah kabar itu? Seperti diberitakan Harian (15/11/2019) AL Malaysia menyanggah kabar miring tersebut.

Melalui Cabang Komunikasi Strategis (Dinas Penerangan) Mabes AL Malaysia “hingga saat ini awak kapal selam telah mencatat lebih dari 11.600 jam menyelam dengan kapal selam. Jadi bagaimana orang bisa mengatakan bahwa kapal selam tidak bisa menyelam? Orang Malaysia harus memberikan dukungan mereka kepada personel RMN yang telah mengorbankan apapun untuk melindungi perairan negara”

Lebih lanjut Cabang Komunikasi Strategis AL Malaysia menyatakan “ Kapal selam Scorpene adalah pilihan terbaik untuk Malaysia karena memiliki teknologi yang mirip dengan kapal selam nuklir Triomphant. Konsep dan desain kapal selam dapat mempunyai fungsi untuk memblokir pergerakan logistik musuh atau dapat menghancurkan ancaman kapal perang musuh”

Sebagai informasi Scorpene adalah kapal selam serang diesel (SSK) varian yang dimiliki oleh Malaysia adalah Varian CM 2000 alias Basic Scorpene tanpa fitur AIP. Untuk menjalani misinya Scorpene dilengkapi dengan Combat Management System (CMS) SUBTICS (Submarine Tactical Integrated Combat System) yang dilengkapi enam tabung peluncur torpedo 21 inchi yang dapat meluncurkan 18 unit Torpedo Black Shark buatan WASS Italia dan rudal anti kapal SM 39 Exocet.

Baca Juga:  India Lirik Sepecat Jaguar Perancis Buat Temani Rafale

Dalam mengendus sasarannya, Scorpene dipadati berbagai perlengkapan sonar. Tipenya beragam, mulai dari long range passive cylindrical array, intercept and acrive sonar, distributed array passive sonar, flank array, high resolution sonar (khusus untuk menteksi ranjau laut dan karang) serta sonar tarik (towed array). Kesemua sonar terintegrasi penuh dan hasil endusannya dapat terjasi langsung di enam layar multifungsi ukuran besar di ruang kendali.

Sumber: Lighting Ii-Chan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan