Calon Pilot US Navy Akan Menggunakan F16 Viper Untuk Pesawat Latih

VFC-13 Fighting Saints di Naval Air Station (NAS) Fallon, NV, sedang dalam proses transisi penuh dari F-5N Tiger II ke F-16C Block 32 Fighting Falcon.

Fighter Squadron Composite Fighting Saints (VFC-13) adalah skuadron tempur Angkatan Laut AS yang memberikan pelatihan untuk pilot sayap udara Angkatan Laut AS di NAS Fallon, Nevada. VFC-13 menggunakan “Bogey” sebagai tanda panggilan radio utamanya.

Diambil saat pergantian komando Fleet Composite Squadron (VFC) 13 Fighting Saints yang terjadi pada akhir November/awal Desember 2022, gambar di postingan ini digunakan untuk secara resmi memperkenalkan F-16 Fighting Falcon ke dalam layanan unit tersebut.

Sebenarnya VFC-13 (‘AF-xx’) di Naval Air Station (NAS) Fallon, NV, sedang dalam proses transisi penuh dari F-5N Tiger II ke F-16C Block 32 Fighting Falcon.

Menurut Majalah Scramble, Viper yang ditampilkan dalam gambar adalah F-16C BuNo 860279. Pesawat tersebut menjadi pesawat Komandan dan diberi kode AF-13. Selain menunjukkan warna pada pesawat tempur yang sebelumnya dioperasikan oleh Skadron Tempur 195 (AZ ANG) di Tucson/Bandara Internasional (AZ) ini juga dihiasi skema cat Have Glass V.

VFC-13 ditugaskan untuk memberikan pelatihan pilot dengan kualitas terbaik untuk armada Angkatan Laut reguler dan skuadron pengganti dan sayap udara, skuadron tempur cadangan dan serang, unit Angkatan Udara AS dan Korps Marinir AS.

Baca Juga:  Rusia Kembangkan Kapal Patroli Submersible Strazh

VFC-13 akan mengoperasikan dua belas pesawat tempur F-16C Block 32 dan unit F-5N Tiger II akan digunakan untuk memperlengkapi Fleet Composite Squadron (VFC) 204 River Rattlers (‘AF-4xx’) di Naval Air Station/Joint Reserve Base New Orleans, LA, yang saat ini menerbangkan Hornet F/A-18.