Capek Dikritik, Menteri Pertahanan Jerman Mundur

Menteri Pertahanan Jerman Christine Lambrecht dilaporkan telah mengundurkan diri menyusul serangkaian salah kebijakan dan kritik padanya, Pemerintah Berlin sendiri berada di bawah tekanan publik untuk mengizinkan pengiriman main battle tank Leopard 2 ke Ukraina.

Selama ini Lambrecht mrnjadi sasaran kritik karena Jerman hanya bangga mengirimkan 5.000 helm militer untuk Ukraina, Jerman dinilai pelit dan takut untuk berperang melawan Rusia.

Di dalam negeri ia juga dikritik secara luas karena gagal meningkatkan Angkatan Bersenjata Jerman yang terkenal impoten, ia gagal memberikan dampak cepat dalam modernisasi militer negara itu.

Lambrecht dijadwalkan bertemu Menteri Pertahanan dari negara negara Barat di pangkalan militer Amerika Serikat di Ramstein pada hari Jumat untuk membahas dukungan lebih lanjut untuk Ukraina.

Kanselir Olaf Scholz juga mendapat kritikan keras karena pendekatannya yang hati hati dalam mengirim persenjataan berat ke Ukraina, hingga mereka memutuskan pengiriman kendaraan Marder IFV setelah melakukan pembicaraan dengan Presiden Joe Biden.

Belum jelas siapa yang akan menggantikan Lambrecht dalam pekerjaan yang dianggap sebagai “Berbahaya” di Jerman itu, banyak orang disana menyebut jabatan Menteri Pertahanan Jerman adalah sebagai “Kursi Pelontar”.

Baca Juga:  F-16 AU Amerika Jatuh dan Meledak, Pilot Tewas