Ceko Sumbang Helikopter ke Ukraina

Republik Ceko dilaporkan telah menyumbangkan helikopter serang ke Ukraina, klaim pemerintah AS pada 23 Mei.

Dalam komentar yang lebih luas tentang bantuan internasional ke Kyiv, Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin III mengatakan bahwa Praha telah memberikan sumbangan helikopter serang sebagai bagian dari paket militer yang lebih besar.

“Saya juga ingin berterima kasih kepada Republik Ceko atas dukungan substansialnya, termasuk sumbangan helikopter serang, tank, dan sistem roket baru-baru ini,” katanya.

Austin tidak mengungkapkan jenis helikopter serang yang disumbangkan oleh Ceko, tetapi satu-satunya jenis yang sesuai dengan militer Ukraina adalah Mil Mi-24 ‘Hind’ dan turunan Mi-35 ‘Hind. -E’ diterima pada tahun 2005.

Sebagaimana dicatat oleh Janes World Air Forces, komponen Angkatan Udara Ceko (CzAF) dari Angkatan Darat Republik Ceko (Armáda Ceské Republiky: ACR) mengoperasikan tujuh helikopter Mi-24V dan 10 Mi-35. Pernyataan AS tidak mengatakan berapa banyak helikopter yang telah disumbangkan.

AS mendorong negara-negara ssekutunya yang memiliki alutsista buatan blok timur untuk disumbangkan ke Ukraina agar bisa segera digunakan karena Ukraina lebih familiar dengan alutsista blok timur. Sebagai gantinya, AS akan menyuplai senjata sejenis buatan AS.

Baca Juga:  Tampar Tentara Israel, Remaja Putri Ini Dituntut 12 Pasal Oleh Israel

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan