China Bangun Kapal Bakamla Khusus Untuk Ditabrak

Aparat Bakamla dan TNI AL di wilayah sengketa perairan di Laut China Selatan harus waspada dengan kapal Coast Guard (Bakamla-nya China) terbaru.

Dikutip dari forbes, Kapal Haixun 09 yang baru jadi dan diresmikan pada 12 Januari itu didesain untuk ditabrak kapal lain.

Beberapa pengamat mencurigai desain kapal itu yang memiliki desain lambung kapal dengan sisi roundly sloping (miring bulat), namun kapal seperti Haixun 09 ini terlihat memiliki lambung kapal dengan desain datar sepanjang lambung bawah kapal.

Sisi datar sepanjang lambung kapal pada Haixun 09 ini bukanlah pilihan untuk sekedar estetika belaka, menurut seorang ahli Angkatan Laut dan penulis buku yaitu Jerry Hendrix menyebutkan bahwa desain itu sering disebut oleh para pelaut dengan “Shouldering”.

Dengan desain ini, kapal Haixun 09 saat di tabrak dari samping akan memberikan daya dorong yang kuat kepada kapal penabrak untuk memaksanya berbelok. Hendrix menyebutkan bahwa dengan kapal Haixun 09 berbobot 10.000 ton dan dengan desain hull kapal “Shouldering”, sangat sulit bagi kapal lain untuk mengingkirkan Haixun atau butuh kapal lebih besar atau setidaknya berbobot sama agar bisa mendorong kapal China tersebut.

Sumber: forbes.com

Baca Juga:  Saab Bantu Pengembangan Radar AESA untuk Pesawat Tempur KF-X

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan