China Klaim Sukses Bikin Sendiri Mesin Pesawat Siluman J-20

China akan berhenti menggunakan mesin buatan Rusia ylpada pesawat siluman J-20 buatanya sendiri, seperti dikutip dari South China Morning Post melaporkan pada Jumat lalu (08/01), mesin itu diberi kode WS-10C.

Pakar militer China mengklaim jika WS-10C buatan mereka adalah versi modifikasi dari mesin WS-10, dengan performa sebagus mesin AL-31F Rusia. Namun jika diperhatikan secara fisik, mesin WS10C justru mirip banget sama AL-31F Rusia.

“Tidak mungkin bagi China untuk mengandalkan mesin Rusia, karena Rusia mensyaratkan untuk membeli lebih banyak jet tempur Su-35 jika ingin membeli mesin AL-31F lebih banyak,” kata orang dalam tersebut, yang tidak mau disebutkan namanya.

China enggak mau beli Su-35 lebih banyak karena menurut mereka, performanya kalah sama J-16 buatan mereka sendiri.

“Masalah utamanya adalah – kecuali keunggulan jangkauan tempurnya yang lebih jauh – radar, sistem navigasi, dan komponen elektronik lainnya pada Su-35 lebih inferior dari pesawat buatan China seperti pesawat tempur J-16.”

China adalah pelanggan luar negeri pertama yang membeli pesawat Su-35. PLA menghabiskan US $ 2,5 miliar untuk membeli 24 pesawat tempur multi-role kursi tunggal kelas berat Sukhoi Su-35, yang menerima pengiriman akhir pada akhir 2018.

Sumber : scmp.com, globaltimes.cn

Baca Juga:  Menhan Minta AS Cabut Embargo Kopassus

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan