China Mulai Kirim Pesanan Tank Ringan Pesanan Thailand

Media sosial online Thailand pada 28 Mei 2021 lalu menunjukkan foto tank ringan amfibi Norinco VN16 sedang dibongkar di pangkalan Angkatan Laut Thailand Sattahip (Provinsi Chon Buri) di Thailand. Sebanyak tiga tank VN16 dikirim dengan kapal kargo dari Tiongkok ke Thailand. Nampak kendaraan-kendaraan tersebut memiliki pola kamuflase Korps Marinir Kerajaan Thailand (RTMC).

Pada September 2020, AL Thailand mengumumkan akan membeli tiga kendaraan serbu tank amfibi VN16 seharga 398.143.400 baht ($ 12.579.570,05) dari NORINCO pada tahap pertama. Tiga kendaraan serbu tank amfibi VN16 yang dipesan ke Korps Marinir Kerajaan Thailand dikirimkan hanya dalam waktu delapan bulan sejak pengumuman pemilihan kendaraan tersebut. Diketahui pada fase kedua, tiga VN16 tambahan akan dibeli pada tahun fiskal 2022 jika proyek tersebut tidak dipotong dari anggaran pertahanan karena pandemi Covid-19.

Menurut rencana restrukturisasi Komando Korps Marinir Thailand yang baru, VN16 akan membentuk kekuatan utama baru dari Kompi Tank Marinir, Batalyon Kendaraan Amfibi Lapis Baja MArinir, Divisi Marinir, RTMC setelah pembubaran Batalyon Amfibi Serbu Marinir dan Batalyon Tank Marinir. VN16 menggunakan pola kamuflase yang sama dengan AAV7A1 Korps Marinir Thailand.

VN16 adalah versi ekspor dari tank ringan amfibi ZTD-05 yang digunakan oleh Korps Marinir Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLAMC). Korps Marinir Kerajaan Thailand adalah pelanggan ekspor kedua untuk VN16, setelah Korps Marinir Venezuela, yang juga dipasok dengan kendaraan tempur infanteri amfibi VN18, versi ekspor kendaraan tempur infanteri amfibi ZBD-05 dalam kedinasan Korps Marinir Tiongkok.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan