China Serahkan Kapal LMS Kedua Pada Malaysia

Littoral Mission Ship (LMS) kedua “Sundang” secara resmi diserahkan kepada Angkatan Laut Malaysia (TLDM atau RMN) hari Kamis (14/01) dalam sebuah upacara yang diadakan di Qidong, Shanghai, Tiongkok.

“SUNDANG telah berhasil melewati serangkaian Port Acceptance Test dan Sea Acceptance Test sebelum diserahkan kepada Pemerintah. Kapal dijadwalkan untuk berlayar ke Malaysia pada minggu ketiga Januari 2021″ kata pernyataan AL Malaysia.

Kapal tersebut kemudian akan secara resmi ditugaskan di AL Malaysia pada upacara yang akan diadakan di Kota Kinabalu (wilayah Sabah) di hadapan Panglima AL Malaysia, Laksamana Tan Sri Mohd Reza bin Mohd Sany.

Seperti halnya LMS yang pertama, KD Keris (dan semua kapal LMS), KD Sundang akan bergabung dengan Skuadron LMS ke-11. Keris diluncurkan pada April 2019 dan ditugaskan pada Desember 2019 sedangkan LMS ketiga dan keempat diluncurkan masing-masing pada Oktober 2020 dan Desember 2020. Pengadaan kapal LMS ini dilaksanakan berdasarkan Kontrak Kementerian Pertahanan Malaysia dengan Boustead Naval Shipyard Sdn Bhd yang ditandatangani pada 23 Maret 2017 bekerja sama dengan China Shipbuilding & Offshore International Co. Ltd. (CSOC), Tiongkok.

LMS adalah salah satu dari lima kelas kapal dalam Program Transformasi Armada 15to5. Konstruksi LMS dicirikan oleh “fit for purpose”. Kapal patroli pantai ini memiliki konsep modular yang dapat dikonfigurasi untuk misi tertentu tergantung kebutuhan.

Baca Juga:  Boeing Ikuti Pengadaan Jet Tempur Kanada

Keempat unit LMS akan bergabung dengan Armada Timur AL Malaysia di mana mereka akan memperkuat kesiapan dan kedaulatan perairan laut Malaysia bagian timur. LMS juga akan mengatasi masalah keusangan aset serta siklus jadwal pemeliharaan kapal AL Malaysia yang ada.

Akuisisi LMS dilakukan melalui kerja sama dengan Tiongkok, yang pertama dalam sejarah Angkatan Laut Kerajaan Malaysia. Melalui akuisisi ini, Malaysia dapat memperkuat hubungan diplomatik dengan Tiongkok di bidang pertahanan dan ekonomi.

Sumber : navalnews.com/TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan