Deal! Yordania Membeli 12 Pesawat F-16 Viper Dari Amerika Serikat

Royal Jordanian Air Force (RJAF) telah menandatangani kesepakatan bernilai miliaran dolar untuk membeli 12 jet tempur F-16 Block 70 dari Amerika Serikat.

Menurut pernyataan resmi militer Yordania, kesepakatan itu ditandatangani pada 19 Januari oleh Komandan RJAF Brigadir Jenderal Pilot Muhammad Fathi Hiasat dan Wakil Kepala Misi AS di Amman Rohit Nepal.

“Perjanjian ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan pertahanan kerajaan dan meningkatkan tingkat kesiapan tempur dan operasi bersama dengan AS,” bunyi pernyataan tersebut.

“Ini juga bertujuan untuk memperkuat kerangka kerjasama antara kedua negara, mendukung upaya bersama untuk memerangi terorisme dan meningkatkan stabilitas di kawasan.”

Tahun lalu, Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui penjualan 12 jet tempur F-16 C/D Block 70 dengan perkiraan biaya $4,21 miliar. Kesepakatan itu juga mencakup radio, pod penargetan, dan komponen amunisi terkait seperti kit peluru kendali.

“Penjualan yang diusulkan ini akan mendukung kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat dengan membantu meningkatkan keamanan sekutu utama non-Nato,” kata Badan Kerjasama Keamanan Pertahanan Departemen Luar Negeri saat itu.

Block 70 adalah versi terbaru dari F-16. Ini menampilkan radar array yang dipindai secara elektronik aktif canggih, komputer misi baru dan rangkaian peperangan elektronik, sistem penghindaran tabrakan darat otomatis, dan berbagai peningkatan kokpit.

Jet tempur baru akan menjadi dorongan besar untuk kemampuan RJAF, yang saat ini mengoperasikan sekitar 44 unit F-16 versi lama.