Desain Baru Tank Harimau Kaplan Makin Cakep

Tank Medium Harimau Hitam atau Kaplan hasil kerjasama Turki dan Indonesia banyak mengalami perubahan selama transisi dari prototype ke versi produksi massal. Dalam konteks ini, visibilitas pengemudi dan handling ergonomic telah ditingkatkan. Desain dari body tank telah disempurnakan sesuai dengan feedback dari end user.

Berdasarkan pengalaman yang diperoleh dari pengujian, perbaikan dilakukan pada sistem menara, grup transmisi daya, sistem pendingin, dan sistem suspensi.

Secara kasat mata perubahan terjadi pada bagian depan tank yang lebih landai.

Tank telah sukses menjalani uji pertama di Turki. Pada akhir tahun dijadwalkan akan diuji lagi oleh Indonesia lalu jika berhasil akan segera masuk lini produksi untuk dipakai militer Turki dan Indonesia.

Rencananya, pengiriman tank Harimau ini akan dimulai pada 2022.

Proyek Kaplan MT menarik perhatian sebagai proyek pertama yang dimulai dan diselesaikan dalam kerangka “Perjanjian Kerjasama Industri Pertahanan” yang ditandatangani antara PT.Pindad Indonesia dan FNSS Turki, serta menjadi kontrak ekspor pertama yang ditandatangani oleh Turki di kelas tank medium.

Baca Juga:  TNI AL Luncurkan Tiga Kapal Angkut Tank untuk Perkuat Operasi Amfibi

1 Komentar

  1. Mengingat di masa depan rudal antitank akan semakin ganas dan pintar, apakah tidak sebaiknya TNI-AD melengkapi tank ini dengan APS ?

Tinggalkan Balasan