Diduga Kabur Dari Taliban, Pesawat Tucano AU Afghanistan Ditembak Jatuh Uzbekistan

Pesawat Super Tucano A-29 milik Angkatan Udara Afghanistan dilaporkan ditembak jatuh oleh militer Uzbekistan setelah memasuki wilayah udara Uzbekistan pada hari Minggu (15/08), demikian keterangan dari kementerian pertahanan negara itu.

Dua awak pesawat berhasil melakukan eject dan dibawa ke rumah sakit. Pesawat diketahui milik AU Afghanistan dari lambang yang ada di badan pesawat.

Diduga para awak pesawat tersebut berusaha untuk meninggalkan Afghanistan setelah Taliban mengambil ibukota Kabul.

Namun, menurut informasi yang belum dikonfirmasi yang diterbitkan oleh situs web lokal Senin (16/08) melaporkan bahwa Super Tucano itu secara tidak sengaja bertabrakan dengan jet tempur Mig-29 Uzbekistan saat dikawal setelah memasuki wilayah udara Uzbekistan. Kedua pesawat yang bertabrakan itu kemudian jatuh.

Reuters juga melaporkan bahwa 22 pesawat militer dan 24 helikopter militer melarikan diri dari Afghanistan selama akhir pekan.

Afghanistan memiliki 19 pesawat Super Tucano A-29 yang diterima dari Amerika Serikat pada 2016. Pesawat itu digunakan untuk melakukan serangan presisi terhadap posisi pemberontak di negara itu. Pesawat diproduksi oleh Sierra Nevada Corporation, AS sebagai mitra Embraer.

Angkatan udara negara itu juga mengoperasikan 24 Cessna 208, beberapa pesawat angkut C-130 dan Y-12, dan armada helikopter yang beragam.

Baca Juga:  India Pilih Globemaster III Untuk Gantikan Pesawat Angkut Buatan Rusia Ilyushin il-76/il-78

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan