Diembargo Jerman, Turki Minta Bantuan Korea Selatan Pasok Mesin Untuk Tank MBT

Turki yang diembargo Jerman, yang telah membatalkan penjualan mesin untuk tank MBT Altay. Kini meminta secara resmi pada Korea Selatan untuk mengatasi masalah ini.

Tank tempur utama (Main Battle Tank) Altay adalah tank buatan Turki yang rancangannya berasal dari MBT Korea. Setelah diembargo t senjata Jerman, Turki telah mencoba memgembangkan sendiri powerpack (mesin dan transmisi) untuk Tank tapi gagal.

Meskipun Korea Selatan memiliki industri berat yang jauh lebih kuat daripada Turki, Korea Selatan juga berjuang dengan pengembangan power pack sendiri. 100 MBT K2 Black Panther pertama masih dilengkapi dengan power pack Jerman.

Namun, batch produksi kedua (106 tank) tertunda selama beberapa tahun karena masalah pengembangan mesin. Masalah ini baru diselesaikan pada 2019 ketika mesin 1500hp buatan dalam negeri Korea berhasil lolos uji coba lapangan yang ketat dan produksi dilanjutkan.

Tank-tank ini dilengkapi dengan power pack setengah Korea, setengah Jerman (mesin Korea & transmisi Jerman).

Korea Selatan berencana mengembangkan power pack yang sepenuhnya buatan dalam negeri untuk batch produksi ketiga MBT K2 Black Panther.

Baca Juga:  Diterjang Badai, Sejumlah Pesawat Tempur F-22 Raptor Dilaporkan Rusak

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan