Donald Trump Sebut Indonesia Negara Curang Dalam Perdagangan

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyebut Indonesia temasuk  negara curang dalam perdagangan yang telah menyebabkan defisit perdagangan hingga mencapai US$ 50 miliar. Pejabat Tinggi AS mengatakan bahwa Donald Trump akan mengeluarkan dua perintah eksekutif untuk menginvestigasi akar masalah penyebab defisit neraca perdagangan AS tersebut.,

Sekretaris Perdagangan AS Wilbur Ross mengatakan, salah satu perintah Trump berupa analisa negara per negara dan produk per produk. Hasilnya akan dilaporkan pada Trump dalam 90 hari.

Mereka akan melihat bukti kecurangan, perilaku tak pantas, kesepakatan dagang yang tidak sesuai dengan janji, kurangnya penegakan hukum, persoalan mata uang dan kendala dengan Organisasi Perdagangan Dunia.

“Ini akan menjadi dasar untuk keputusan yang diambil pemerintah,” ujarnya seperti dilansir dari ChannelnewsAsia, Senin (3/3/2017)

Perintah itu akan keluar satu pekan sebelum Trump bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan nampaknya akan menjadi peringatan dini atas Beijing.

“Perlu disebutkan bahwa sumber defisit terbesar adalah China,” kata Ross.

Selain China, ada belasan negara lain dinilai menjadi penyebab defisit perdagangan AS. Negara tersebut ialah Kanada, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Irlandia, Italia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Korea Selatan, Swiss, Taiwan, Thailand dan Vietnam.

Walau begitu, Ross mengatakan, hal itu tidak serta merta membuat Amerika Serikat akan melakukan aksi balasan.

“Sulit mengatakan bahwa seseorang disebut lebih jahat jika mereka memproduksi barang yang kita tak bisa produksi,” tambahnya.

Baca Juga:  Konferensi Ulama Timur Tengah Kecam Para Politikus Yang Menjual Agama Demi Merebut Kekuasaan Dengan Segala Cara

“Pada sejumlah kasus, ada negara yang lebih baik dan lebih murah dalam memproduksi sesuatu daripada kita. Jadi, bukan berarti yang di dalam daftar tersebut jahat atau curang,” katanya.

2 Komentar

  1. Amirika negara culas, contoh timor timur mau diambil alih oleh fretelin komunis TNI disuruh memerangi setelah kalah fretelin dituduh TNI melanggar HAM dan amirika turut membiayai perang TNI juga malah TNI di embargo alutsistanya oleh amirika/NATO… Ini namanya culas amirika……..

  2. Wah bener banget tuh mas Sugi. Praktis F-16 hanya jadi penonton di hanggar menyaksikan lepas nya timles. USA negara licik. NATO: North America Teroris Organitation

Tinggalkan Balasan