Drone Elang Hitam Buatan Dalam Negeri Siap Terbang Perdana

Balai Besar Teknologi Aerodinamika Aeroelastika dan Aeroakustika (BBTA3) BPPT, sejak awal Januari 2021 telah melakukan pengujian terowongan angin untuk mendukung program Flagship BPPT bidang teknologi pertahanan dan keamanan yakni kegiatan inovasi teknologi pengujian Aerodinamika model Pesawat Udara Nir Awak (PUNA) jenis Medium Altitude Long Endurance ( MALE ) Kombatan.

Kegiatan pengujian ini di inisiasi oleh adanya permintaaan pengujian terowongan angin dari Pusat Teknologi Industri Pertahanan dan Keamanan (PTIPK-BPPT) atau HANKAM-BPPT yang mewakili pihak konsorsium MALE untuk melengkapi dan mengkonfirmasi serta menambah pengembangan data base hasil pengujian sebelumnya yang dianggap belum lengkap.

Pengujian full model MALE skala 1:5.5 kali ini terbagi atas pengujian performa, stabilitas, dan studi penambahan “ventral fin” serta studi “new veetail” sebanyak 160 polar pengujian. Kegiatan pengujian ini menggunakan Full model MALE Elang Hitam (EH-20 dengan konfigurasi terbaru yang dibuat oleh BBTA3 dengan menggunakan anggaran DIPA BPPT tahun 2020.

Mengingat PUNA MALE Elang Hitam (EH)-1’ akan dilakukan uji terbang perdana pada tahun 2021 ini namun masih memerlukan data hasil pengukuran momen engsel (hinge moment) dari beberapa sudut defleksi bidang kendali seperti Flap, Aileron, dan Ruddervator, maka pengujian hinge moment dengan menggunakan model isolated Half wing skala 1:3.5 dan model Isolated Tail skala 1:2 yang dibuat pada tahun ini menjadi penting untuk dilakukan sesegera mungkin guna melengkapi data hasil pengujian terowongan angin yang akan digunakan untuk memvalidasi hasil perancangan sekaligus mendukung dilakukannya uji terbang perdana pesawat MALE Elang Hitam-1’ pada tahun 2021 ini. (@yanto.daryanto.127)

Baca Juga:  Rusia Masih Bungkam Soal Rencana RI Beli Sukhoi

Sumber: instagram.com/p/COFxHN1rggu

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan