Drone Iran Serang Kapal Tanker Minyak Israel di Kawasan Teluk Arab

Sebuah Shahed-136 terbang di atas Kyiv pada 17 Oktober. (Sergei Supinsky/AFP melalui Getty Images)

Iran menggunakan kendaraan udara tak berawak (UAV) Shahed-136 untuk menyerang sebuah kapal tanker minyak di Teluk Oman, kata seorang sumber Israel kepada Janes pada 16 November.

Sumber itu menggambarkan serangan itu sebagai yang terbaru dari serangkaian insiden di mana Iran menargetkan kapal tanker sejak 2019 dan mengatakan itu bertujuan untuk mengacaukan kawasan itu saat Piala Dunia FIFA dimulai di Qatar.

Perusahaan Eastern Pacific Shipping yang berbasis di Singapura mengonfirmasi bahwa kapal tankernya, Pacific Zircon, telah “dihantam proyektil sekitar 241 km di lepas pantai Oman sekitar pukul 1530 [jam waktu setempat](UTC+4) pada tanggal 15 November”. menyebabkan kerusakan kecil pada lambung kapal tanker, tetapi tidak ada korban jiwa atau kebocoran. Perusahaan ini dimiliki oleh pengusaha Israel Idan Ofer.

Komando Pusat AS (CENTCOM) mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa aset angkatan laut Inggris dan AS menanggapi serangan terhadap Zirkon Pasifik, yang dikatakan terjadi sekitar pukul 2000, tanpa memberikan zona waktu. “Eksploitasi puing-puing yang menabrak kapal mengungkapkan bahwa itu adalah drone serang satu arah seri Shahed,” katanya.

Baca Juga:  Amerika dan NATO Siagakan Kekuatan Di Sekitar Israel