Drone Misterius Serang Hanggar Pesawat Tempur Milik Suriah

Pada tanggal 23 Mei pagi, drone tempur tak dikenal melakukan serangkaian serangan di pinggiran kota al-Bukamal di selatan Deir Ezzor, Suriah. Kota yang dikuasai pemerintah Bashar Assad itu terletak tepat di perbatasan dengan Irak.

Menurut Naher Media, blog berita pro-oposisi lokal, serangan itu menghancurkan sejumlah hanggar yang baru dibangun di gurun al-Hamdan. Serangan tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa.

Ada dua faksi militer di sana, yaitu Faksi Fatemiyoun dan Faksi Zainebiyoun, anggota dua kelompok bersenjata itu berasal Afghanistan dan Pakistan yang didukung dana dan senjata oleh Korps Pengawal Revolusi Islam Iran, dan diketahui aktif di al-Hamdan. Pasukan Irak yang didukung Iran juga hadir di daerah terdekat memanaskan situasi.

Klaim serangan tersebut itu belum dikonfirmasi oleh Kementerian Pertahanan Suriah dari kantor berita yang dikelola negara. Biasanya, Damaskus mengakui adanya serangan di dalam wilayahnya.

Sehari sebelumnya, drone tempur tak dikenal menargetkan kendaraan pikap di sebelah timur al-Bukamal, di dalam wilayah Irak. Israel dan AS sama-sama dituding sebagai penyerang oleh sumber Irak. Tidak ada korban yang dilaporkan.

Militer Israel telah mencoba mengganggu pergerakan senjata dan personel militer antara Irak dan Suriah selama beberapa tahun sekarang untuk mencegah pejuang Syiah mencapai perbatasan Suriah-Israel. Kiriman senjata ke pejuang Palestina diyakini juga berasal dari rute Iran-Irak-Suriah.

Baca Juga:  Airbus Pamerkan Pesawat Intai C295 Bersenjata pada Dubai Airshow 2017

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan