Drone Siluman “Loyal Wingman” Buatan Turki Sukses Ujicoba Lepas Landas

Prototipe pesawat tak berawak kelas bomber dengan teknologi siluman buatan Turki ‘loyal wingman’ atau Baykar Kizilelma sukses menjalani uji coba taksi dan lepas landas menjelang penerbangan pertama yang direncanakan pada tahun 2023. (Baykar)

Turki telah melakukan uji coba taksi dan lepas landas dari prototipe Baykar Kizilelma yang diberi julukan ‘loyal wingman’ yang dikembangkan di dalam negeri, menjelang penerbangan pertama pada tahun 2023.

Pabrikan merilis rekaman uji coba pesawat tak berawak, yang sebelumnya disebut sebagai Bayraktar MIUS (Sistem Pesawat Tempur Tak Berawak Bayraktar), pada 20 November, mencatat bahwa uji sebenarnya telah melampaui parameter yang direncanakan.

“Tujuan kami adalah untuk berlari dengan kecepatan yang sedikit lebih lambat pada tes take-off roll pertama, tetapi kami melampaui batas itu,” kata juru bicara perusahaan. “Syukurlah, Wingman berhasil menyelesaikan uji lepas landas dan taksi otonom pertama tanpa masalah.”

Turki pertama kali mengungkapkan konsepnya untuk kendaraan udara tempur tak berawak (UCAV) Bayraktar MIUS pada tahun 2021. Kizilelma, seperti yang sekarang disebut, adalah platform bermesin tunggal yang menampilkan karakteristik siluman dalam desain badan pesawatnya (termasuk teluk senjata internal), dan dilaporkan dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI).

Baca Juga:  Malaysia Target Bikin Jet Tempur Sendiri Pada 2030