Drone Syiah Houthi Kembali Serang Arab Saudi

Pada 28 Mei, koalisi pimpinan Saudi mengumumkan bahwa mereka telah menggagalkan serangan pesawat tak berawak (Drone) oleh Pemberontak Houthi Yaman di wilayah Kerajaan.

Dalam pernyataan singkatnya, koalisi mengklaim bahwa sebuah pesawat tak berawak telah “dicegat” dan “dihancurkan” di bagian selatan Arab Saudi. Drone, yang jenisnya tidak teridentifikasi, diduga diluncurkan dari Yaman.

“Milisi teroris Houthi melanjutkan upayanya untuk menargetkan warga sipil dan objek sipil … Kami mengambil langkah-langkah operasional untuk melindungi warga sipil … dari upaya bermusuhan ini,” pernyataan tersebut, yang dibagikan oleh Saudi Press Agency.

Biasanya, drone Houthi dicegat oleh pesawat tempur F-15 milik Angkatan Udara Kerajaan Saudi yang dipersenjatai dengan rudal udara-ke-udara seperti AIM-120 AMRAAM yang dipandu radar.

Houthi belum mengomentari klaim koalisi yang dipimpin Saudi. Kelompok Yaman biasanya mengumumkan jika melakukan serangan ke Kerajaan itu.

Dalam beberapa bulan terakhir, Houthi melancarkan lusinan serangan ke Arab Saudi dengan drone dan rudal buatan lokal. Kelompok Yaman juga melakukan operasi darat skala besar di perbatasan Yaman Arab Saudi.

Baca Juga:  Baru Berdamai, Amerika dan Taliban kembali Perang, 20 Pasukan Tewas

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan