Dua Kapal Induk Amerika Dijual Dengan Harga 1 Sen

Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) menjual dua bekas kapal induk, USS Kitty Hawk (CVN-63) dan USS John F. Kennedy (CVN-67), kepada sebuah perusahaan pembongkar kapal di Texas masing-masing seharga 1 sen, kata Naval Sea Systems Command (NAVSEA) AS pada Selasa, 5 Oktober 2021.

“Nilai kontrak tersebut menunjukkan bahwa perusahaan yang dikontrak akan mendapatkan keuntungan dari penjualan baja bekas, besi, dan bijih logam nonbesi,” kata Alan Baribeau, juru bicara NAVSEA.

Kedua kapal perang itu sudah tua dan tidak difungsikan lagi. USS Kitty Hawk kemungkinan bakal diderek menggunakan kapal tunda dari Bremerton di Washington, mengitari ujung Amerika Selatan, sedangkan USS John F. Kennedy akan berlayar dari Philadelphia Navy Yard, menurut laporan USA Today.

Lebih lanjut laporan itu menyebut bahwa kontrak dengan International Shipbreaking Limited di Brownsville, Texas, untuk penderekan, remediasi, pembongkaran, dan daur ulang kapal perang bertingkat itu berarti keberangkatan mereka meninggalkan pangkalan pemeliharaan armada cadangan Angkatan Laut AS akan segera dilakukan, kata laporan itu.

Belum ada jadwal yang ditetapkan untuk keberangkatan dan pembongkaran kedua kapal tersebut, kata laporan itu.

Baca Juga:  Panggil Dubes AS, Menlu Retno Marsudi Beri Dukungan Buat Palestina di Bali Democracy Forum (BDF) Ke-10.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan