Dua Kapal Perang Iran Saling Tembak, 20 Orang Tewas

Sebuah Kapal Perang Iran kelas Frigat, Moudge Jamaran (no.76) dilaporkan secara tidak sengaja menembak Kapal Perang Iran lainya kelad Hendijan Konarak dengan rudal C-802 dalam latihan live fire pada hari Minggu 10 Mei di Teluk Persia. Menurut laporan yang belum diverikasi, sedikitnya 20 orang tewas akibat insiden ini.

Laporan itu mengatakan ada 30 hingga 40 anggota awak di kapal Konarak, yang baru saja bergabung ke armada Angkatan Laut Iran.

Komandan Konarak termasuk di antara yang tewas, menurut laporan awal.

Narasumber di Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran menganggap insiden itu sebagai kesalahan manusia, walaupun sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari militer Iran.

menurut pernyataan dari Iran Revolutionary Guard Corps (IRGC) insiden itu terjadi karena Human Erorr dari awak Kapal Jamaran yang sedang melakukan maneuver dalam latihan bersama kapal Konarak.

Kapal perang kelas Moudge Jamaran ini mempunyai panjang 95 meter dan lebar 11 meter. untuk olah gerak kapal ini ditenagai dengan dua unit mesin diesel dengan outuput mencapai 10.000 hp yang membuat kapal ini “ngebut” dengan kecepatan mencapai 30 Knot.

Kapal Kelas Moudge Iran

Sedangkan untuk persenjataan Moudge Class dipersenjatai dengan empat tabung peluncur rudal anti kapal C 802 (Noor) serta untuk perlindungan dari ancaman udara kapal ini menggunakan empat peluncur rudal hanud Fajr 1. Rudal Fajr 1 disebut-sebut merupakan hasil reverse engineering (RE) dari rudal AS Standart Missile (SM) 1, rudal indigenous ini dapat menjangkau sasaran dengan 24 Km dan sejauh 74 Km.

Baca Juga:  Tentara Swedia Tewas Terlindas Tank Dalam Latihan Perang Northern Wind 2019
Kapal Kelas Hendijan Iran yang tertembak

Sementara FAC kelas Hendijan ini mempunyai spesifikasi 447 ton dan dipersenjatai dengan empat tabung rudal C 802 (Noor) dan kanon Oerlikon kaliber 20 mm yang terletak di haluan kapal, kapal ini ditenagai dengan dua mesin diesel yang menghasilkan kecepatan maksimum 21 knots.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan