Dubes RI Pastikan Pembelian Sukhoi Su-35 Masih Berjalan Lanjut

Kedatangan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di Rusia dan bertemu dengan Menhan Rusia, Jenderal Angkatan Darat Sergei Shoigu, di Moskow pada Selasa (28/1) juga membahas kelanjutan pembelian Sukhoi Su-35.

Duta Besar RI untuk Rusia, Wahid Supriyadi, menegaskan bahwa Indonesia tetap dalam trek pembelian pesawat tempur senilai 16 Trilyun Rupiah tersebut.

“Iya tadi juga bahas (soal pembelian Sukhoi), itu tinggal tunggu proses saja,” kata Duta Besar RI di Rusia, Wahid Supriyadi, seperti dikutip dari CNN Indonesia mengenai kelanjutan Su-35.

Meskipun beliau tak ngasih secara detail kapan pesawat itu akan dikirim

“Iya (kontrak pembelian Sukhoi) masih on. Ya segera setelah persyaratan terpenuhi (kontrak pembelian akan disepakati),” tutur Wahid.

Rencana Indonesia membeli 11 Su-35 ini sudah berlangsung sejak sekitar dua tahun terakhir.

Sejumlah pihak menuturkan jet-jet tersebut akan tiba di Indonesia pada 2019. Rusia sendiri menjanjikan pesawat akan ikut dalam parade militer 17 Agustus 2020 nanti. Namun, hingga kini belum ada kepastian dari pemerintah Indonesia apakah pembelian belasan pesawat itu dilanjutkan atau tidak. Prabowo sendiri juga malah melirih Rafale buatan Perancis.

Baca Juga:  2.500 Personel TNI Polri Siap AmankanKunjungan Jokowi ke Sorong