Dubes Rusia Bantah Indonesia Batal Beli Su-35

Kabar menarik datang dari Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobyova yang menegaskan tidak ada pembatalan kontrak pembelian Sukhoi Su-35 buatan Rusia oleh Indonesia.

“Tidak ada pembatalan kontrak secara resmi,” kata Lyudmila dalam wawancara khusus dengan Antara di Jakarta, Jumat (18/2/2022).

Seperti diketahui, Indonesia melalui kementrian pertahanan telah meneken kontrak pembelian pesawat Rafale buatan Prancis sehingga menimbulkan tanda tanya dengan nasib Sukhoi Su-35.

Seperti diketahui, tahun 2018 telah ada teken kontrak resmi pembelian pesawat Sukhoi Su-35 yang diproyeksikan untuk digunakan di skuadron 14 menggantikan pesawat F5 yang pensiun.

Kendala dari pembelian Su-35 adalah dalam skema pembayaran saja. Di mana ada tarik ulur antara kementrian Perdagangan kedua negara dalam komoditas imbal dagang.

“Tentu saja, saya masih berharap kontrak tersebut akan berlanjut,” kata Vorobyova, sebagaimana dilansir Antara.

Sementara jika kita flashback tahun 2021, sudah ada statemen resmi dari
Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo yang mengatakan, rencana pembelian pesawat tempur mengerucut ke Dassault Rafale asal Perancis dan F-15EX dari AS yang artinya Su-35 tidak masuk daftar.

“Mengenai Sukhoi Su- 35 dengan berat hati, ya, kita harus sudah meninggalkan perencanaan itu,” ujar Fadjar di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu 22 Desember 2021.

Nasib Sial Su-35, banyak pesawat sudah jadi bingung mau dikirim ke mana?

Baca Juga:  Partai Berkuasa LDP Inginkan Jepang Punyai Kapal Induk Serbaguna

Si awal bulan Januari, ada sebuah foto Sukhoi Su-35 versi eksport yang sudah jadi ditarik keluar apron. Menariknya tidak ada insignia bendera negara penggunanya. Pesanan negara manakah itu? Bisa jadi pesanan Indonesia tahun 2018 yang sampai sekarang enggak jelas nasibnya.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan