Enggak Mau Kalah, Korsel Mulai Bangun Kapal Induk LPX-II

Perlombaan senjata di Asia Timur memasuki babak baru, yaitu Kapal Induk. Setelah China dan Jepang, sekarang Korea Selatan mulai membangun Kapal Induk LPX-II.

Anggaran yang diperlukan secara resmi dialokasikan dalam Rencana Pertahanan Jangka Menengah 2020 – 2024 (국방 중기 계획) pada 30 Desember 2020. Kapal ini dibangun oleh Hyundai Heavy Industries (HHI)

Informasi yang pertama kali diberitakan oleh media lokal JoongAng Ilbo tersebut berarti hanya setelah sekitar satu tahun perencanaan awal dan debat, program tersebut kini resmi berjalan. Kapal ini diharapkan mulai dioperasikan oleh Angkatan Laut Korea Selatan pada tahun 2030.

LPX-II akan memprioritaskan pengoperasian pesawat daripada operasi amfibi dan tidak memiliki well deck seperti halnya kapal LHD. Kapal ini juga tidak akan memiliki ski-jump dan akan memiliki dua island. Pesawat utamanya adalah F-35B Lightning II dan seluruh sensor serta senjatanya akan merupakan buatan Korea Selatan.

Desain terbaru LPX-II yang diresmikan pada kesempatan tersebut, menunjukkan desain twin island yang mirip dengan Kapal Induk khas Inggris.

Dalam hal mitra asing, pemerintah dan perusahaan AS & Inggris dikatakan terlibat dalam program itu. AS akan mentransfer teknologi reinforced deck (dek yang diperkuat) sebagai bagian dari pembelian F-35B Korea Selatan sementara Inggris sebagai penasihat teknis dan doktrinal.

Sumber : navalnews.com

Baca Juga:  Angkatan Udara AS Pensiunkan Pesawat Angkut C-5A Galaxy Terakhirnya

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan