Etnis Muslim Tatar Krimea di Ukraina Mengungsi Ke Turki

Buat muslim Indonesia yang memuja Putin dan menganggapknya pahlawan. Sebaiknya anda tahu, bahwa ada etnis muslim Tatar Krimea yang menjadi korban invasi Rusia ke Ukraina karena dianggap tidak mendukung pencaplokan Krimea.

Sebanyak 204 orang Etnis Tatar Krimea, termasuk 120 anak-anak, baru-baru ini melintasi perbatasan ke Turki melalui Gerbang Perbatasan Dereköy dan dibawa ke asrama di provinsi Kırklareli. Mereka berterima kasih kepada Turki karena menerima mereka dan diselamatkan dari Invasi Rusia.

Tatar Krimea adalah kelompok etnis Turki yang awalnya tinggal di Krimea, setelah Krimea dicaplok Rusia, mereka mengalami penindasan oleh Etnis Rusia dan dianggap non pribumi. Agama mayoritas etnis Tatar Krimea adalah Islam Sunni dengan madzhab Hanafi.

Saat ini, selain tinggal di Krimea Ukraina, suku ini juga melakukan diaspora besar ke negara Turki, Rumania, Bulgaria, Uzbekistan, Eropa Barat, Timur Tengah dan Amerika Utara.

Cabang lokal Partai Gerakan Nasionalis (MHP) mengadakan kunjungan ke kelompok itu pada saat kedatangan mereka, memegang poster-poster menyambut mereka. Mereka juga membagikan bunga dan menyajikan baklava.

Ali Muradasilov, seorang Tatar Krimea yang termasuk di antara mereka yang melarikan diri dari perang, berterima kasih kepada Turki karena telah menyambut mereka.

“Saya ingin berterima kasih kepada negara Turki karena telah menerima kami. Mereka memberi kami sambutan yang sangat hangat ketika kami tiba di sini, itu hampir membuat saya menangis,” kata Muradasilov, menambahkan bahwa mereka merasa betah di sini.

Baca Juga:  Israel Mengancam Akan Mengebom Istana Presiden Suriah, Rusia Siap Melindungi

Ahdem Seyidhalilov juga berterima kasih kepada Turki atas keramahannya dan menyambut Tatar Krimea dengan tangan terbuka.

Turki telah berusaha untuk memastikan evakuasi yang aman bagi warganya dan lainnya dari Ukraina. Pada hari Minggu, Menteri Dalam Negeri Süleyman Soylu mengatakan lebih dari 20.000 warga Ukraina tiba di Turki sebagai bagian dari upaya evakuasi. Selain itu, lebih dari 11.800 warga Turki juga dievakuasi dari negara itu di tengah invasi Rusia.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan