F-16 Bekas Israel Dijual ke Perusahaan Swasta Kanada

Kementerian Pertahanan Israel sedang dalam negosiasi untuk menjual 29 jet tempur F-16 yang sudah pensiun ke sebuah perusahaan swasta asal Kanada, bila terjadi kesepakatan itu akan senilai $100 Juta (Rp1,4 Triliun).

Pesawat yang akan di jual ini dikatakan adalah F-16A/B yang telah beroprasi di Angkatan Udara Israel sejak tahun 1980an dan telah pensiun sejak 2016 lalu, pesawat ini juga pernah mengambil bagian dalam serangan reaktor nuklir Irak dan dalam Perang Lebanon 1982, tetapi pensiun dari layanan aktif setelah versi F-16 yang lebih canggih mulai digunakan.

Pesawat yang dikabarkan akan membeli pesawat F-16 surplus Israel ini adalah perusahaan swasta bernama Top Aces Inc, dalam situs resmi perusahaan rencananya pesawat itu akan melengkapi armada bersama pesawat Skyhawk dan Alpha.

Perusahaan Top Aces ini merupakan sebuah perusahaan yang menyediakan pesawat untuk disimulasikan sebagai pesawat musuh dan membantu pelatihan para pilot Angkatan Udara Amerika Serikat, Kanada hingga Australia. Dimana, Top Aces menyediakan para pilot dan pesawat mereka untuk seakan akan sebagai pesawat musuh dan simulasi ajang latihan intersep di udara.

Baca Juga:  Bagaimana Rusia Merancang Jet Tempur Generasi Keenam?

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan