F16 Taiwan Nyungsep Di Landasan Saat Mendarat

Runway 4R di Bandara Internasional Daniel K. Inouye di Hawaii untuk sementara ditutup untuk lalu lintas udara setelah F-16 Angkatan Udara Republik Taiwan dari Skuadron Tempur ke-21 (Skuadron pelatihan yang berbasis di Luke AB di AS) melakukan pendaratan darurat di 14:45 waktu setempat pada hari Senin.

Pilot menggunakan kait penahan untuk menghentikan pesawat setelah roda pendarat depan gagal dikeluarkan. Pesawat akhirnya menyentuh tanah di bagian depan setelah pendaratan yang kasar. F-16 tampaknya telah mengalami kerusakan ringan dan pilot tidak mengalami cedera yang serius.

Pesawat tersebut merupakan bagian dari program senilai US$3,72 miliar untuk meningkatkan 145 pesawat F-16A/B ke versi F-16V. RoCAF F-16 dijadwalkan kembali ke Taiwan untuk upgrade ini. Itu sudah dilakukan di Luke AFB di Arizona selama dua dekade terakhir, di mana sekitar 10 F-16 RoCAF digunakan untuk melatih pilot angkatan udara Taiwan.

Perjalanan antara Taiwan dan Arizona termasuk pemberhentian di Hawaii atau Guam, serta pengisian bahan bakar di udara yang dilakukan oleh USAF.

Seorang juru bicara Pentagon mengatakan kepada Newsweek bahwa seorang pilot dari Angkatan Udara AS yang mengoperasikan F-16 yang terlibat dalam insiden di Hawaii dan mereka telah mengumumkan keadaan darurat dalam penerbangan di bandara Honolulu.

Baca Juga:  Pesawat Temput MiG-21 India Jatuh Tertabrak Burung

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan