Filipina Siap Beli Lagi Pesawat FA-50 Buatan Korea Selatan

Angkatan Udara Filipina (PAF) sedang membeli Pesawat latih tempur FA-50 Goden Eagle versi yang lebih canggih dari Korea Selatan.

“Ya, itu adalah pilihan. FA-50 adalah pesawat tempur latih terdepan yang baik, bisa menjalani misi multi-peran, karena dapat melakukan misi udara-ke-darat atau udara-ke-udara. Ini menjadi tempat latihan yang baik bagi pilot untuk menguasai pesawat yang lebih tinggi kelasnya, “kata kepala PAF Letnan Jenderal Connor Anthony Canlas Sr. wawancara media, Senin.

Baru-baru ini, Korea Aerospace Industries (KAI) mengumumkan rencananya untuk meningkatkan jangkauan dan kemampuan pesawat FA-50 dengan meningkatkan daya dukung bahan bakar dan senjata.

PAF saat ini memiliki 12 FA-50 yang diperolehnya dari KAI seharga PHP18,9 miliar.

Pesawat ini sekarang disebut FA-50PH dan sekarang digunakan oleh PAF untuk Fighter Wing ke-5.

Pengiriman pesawat dimulai pada November 2015 dan selesai pada Mei 2017.

Pesawat FA-50PH memiliki baptisan api dalam kampanye Kota Marawi di mana ia banyak digunakan untuk peran misi dukungan jarak dekat bersama dengan pesawat serang turbo-prop OV-10 “Bronco”, pembom ringan SF-260, dan berbagai helikopter serang PAF.

Ia memiliki kecepatan tertinggi Mach 1,5 atau satu setengah kali kecepatan suara dan mampu dilengkapi dengan rudal udara-ke-udara, termasuk rudal udara-ke-udara dan pencari panas AIM-9 “Sidewinder”. selain meriam otomatis ringan, dan bom.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan