Filipina Siap Borong 32 Helikopter Black Hawk dan 6 Kapal Patroli OPV

Sebagai negara terlemah di kawasan LCS yang sedang memanas, Filipina di bawah Presiden Duterte benar-benar ngebut soal pengadaan alutsista. Kabar terbaru dilansir oleh Tribune Philipine, negara tetangga itu bersiap untuk mengakuisisi 32 unit helikopter Black Hawk dan 6 kapal patroli OPV.

“Tadi malam, saya menerima pemberitahuan dari Departemen Anggaran dan Manajemen untuk pendanaan tambahan 32 helikopter Black Hawk,” kata Delfin Lorenzana, Menhan Filipona pada upacara pergantian komando Angkatan Udara Filipina Selasa sore.

Ia juga menyampaikan bahwa DBM telah menyetujui anggaran untuk helikopter Black Hawk sebesar 32 miliar peso yang diharapkan bisa digunakan untuk mengakuisisi heli tersebut dari perusahaan PZL Mielec.

Ia juga mengungkapkan bahwa anggaran sebesar P30 miliar telah disetujui untuk mengakuisisi 6 Kapal Patroli OPV dari galangan kapal asal Australia, Austal. Lorenzana mengatakan bahwa untuk OPV tersebut masih dalam tahap negosiasi dan belum ada kontrak.

Rencana penambahan Black Hawk ini pun di setujui Duterte.

“Dia (Presiden Duterte) berkata, mari kita beli banyak sehingga kita bisa memensiunkan Hueys karena kita memiliki banyak kru yang sekarat di sana di Hueys. Jadi itu rencananya, ”kata Lorenzana.

Dengan pemberitahuan dari DBM, Lorenzana mengatakan pihaknya sekarang dapat berharap untuk menandatangani kontrak untuk 32 unit Black Hawk tambahan sebelum masa jabatan Presiden berakhir pada Juni tahun depan.

Baca Juga:  Pesawat Tempur F-5 Iran Jatuh di Pangkalan Dezful, Pilot Tewas

Lorenzana juga mengumumkan bahwa pemerinah Filipina akan segera melakukan pembayaran DP untuk heli kelas berat Mi-17 dari Russia.

Pada saat yang sama Kepala Pertahanan Filipina mengungkapkan bahwa ada rencana untuk membeli lebih banyak pesawat serang ringan Super Tucano dan lebih banyak helikopter serang untuk PAF (Philipine Air Force) dengan kemungkinan masing-masing berjumlah 6 unit.

Filipina juga beberapa hari lalu baru saja menandatangani kontrak untuk pembelian 6 unit heli serang T129 ATAK dari Turki senilai $269M

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan