Finlandia Resmi Akuisis Pesawat F-35 Untuk Gantikan F18 Hornet

F-35s Lightning II dalam sebuah Heritage Show. Foto: theavionist.com

Finlandia menyelesaikan kontrak pengadaan untuk pesawat tempur multi-peran Lockheed Martin F-35A Lightning II karena negara tersebut berencana untuk mengganti armada F18 Hornet milik Angkatan Udara, yang akan dihapus secara bertahap pada tahun 2030.

Pada hari Jumat 11/02/2022, Mayor Jenderal Kari Renko, Kepala Komando Logistik Pasukan Pertahanan, menandatangani Surat Penawaran dan Penerimaan (LOA) pada pesawat F-35A dan layanan perawatannya serta rudal udara ke udara, kata kementerian pertahanan negara itu dalam sebuah pernyataan.

Menurut kesepakatan itu, Finlandia akan menerima 64 pesawat tempur multi-peran antara 2026 hingga 2030, mesin pesawat dan peralatan perawatan, sistem, suku cadang, peralatan pengganti, peralatan pelatihan, dan servis yang diperlukan untuk penggunaan dan pemeliharaan.

Pernyataan itu mengumumkan bahwa perjanjian tersebut mencakup pelatihan tipe F-35 untuk personel terbang dan teknis Angkatan Pertahanan.

Setelah pengadaan, Finlandia akan menandatangani dokumen LOA tentang pengadaan senjata udara-ke-udara, rudal Sidewinder dan AMRAAM, katanya juga.

Angkatan Pertahanan Finlandia mengatakan pada April 2021 bahwa mereka akan dengan hati-hati mengevaluasi kutipan yang diterima dari pemerintah Inggris, Prancis, Swedia, dan Amerika Serikat untuk menambahkan jet tempur baru ke militernya.

Negara Nordik itu mengatakan pada saat itu telah mengalokasikan sekitar 10 miliar euro ($12 miliar) untuk mengganti armada pesawat F-18 Hornet yang menua.

Anggota Uni Eropa Finlandia adalah negara non-blok secara militer tetapi bekerja sama erat dengan NATO – situasi yang mirip dengan negara tetangga Swedia. Angkatan Udara Finlandia memiliki armada lebih dari 60 F-18 dan memulai proses pada tahun 2014 untuk mencari penerus pesawat tempur, yang diperoleh pada awal 1990-an.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan