Full Scale Mockup Pesawat KF-X Akan Tampil di Pameran Seoul ADEX 2019

Pesawat tempur Korea Selatan KF-X, yang selama ini hanya ada dalam komputer grafis, akhirnya akan dirilis mockup skala penuhnya kepada publik.

Pada bulan Oktober, mockup skala penuh dari pesawat tempur KF-X yang dikembangkan bersama Korea dengan Indonesia akan dipamerkan.

Kementerian Pertahanan Nasional Korea mengumumkan pada 19 September lalu bahwa mereka akan memamerkan mockup skala penuh pesawat tempur KF-X yang tengah dikembangkan di pameran “Seoul ADEX 2019” yang akan diadakan di Seoul pada tanggal 15 bulan depan.

Seoul ADEX 2019 dikatakan sebagai pameran dagang peralatan pertahanan terbesar di kawasan Asia. Pameran industri penerbangan dan pertahanan tersebut diadakan di Korea setiap dua tahun sekali.

Pameran itu akan mencakup pesawat latih/serang ringan T-50 Golden Eagle, helikopter serba guna KUH-1 Surion, tank K-2 Black Panther yang dikembangkan oleh industri pertahanan Korea. Media Korea melaporkan bahwa banyak senjata domestik seperti senjata artileri K-9 Thunder yang akan dipajang dan pembicaraan bisnis untuk ekspor keluar negeri juga akan diadakan.

Pengembangan KF-X telah berjalan menuju produksi prototipe, tetapi sejauh ini hanya model komputer grafis dan model skala yang dipamerkan di Seoul ADEX 2017 lalu. Pameran mockup aktual yang direalisasikan kali ini, dipandang dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman dan dukungan publik terhadap pengembangan KF-X.

Secara khusus, banyak masalah yang dihadapi KF-X Korea Selatan adalah dalam hal integrasi teknologi dengan asal yang berbeda.

Baca Juga:  Buka Data, AL Malaysia Bantah Kapal Selamnya Engak Bisa Nyelam

Selain itu, Korea Selatan akan terus melakukan peningkatan bahkan setelah pengembangan KF-X. Weapon Bay akan ditambahkan pada KF-X Blok 2, dan pada Blok 3, air ontake akan ditingkatkan, ekor vertikal akan dirancang ulang, dan nozzle mesin akan menjadi stealth. Dikatakan bahwa mereka akan meningkatkan peralatan elektronik pada pesawat dan meningkatkan kapasitas ke mesin generasi kelima atau setara dengan mesin generasi keenam, tetapi jika melakukan peningkatan skala besar yang mendekati desain ulang pesawat, harganya juga akan naik.

Sumber : grandfleet.info, TSM Angga Saja
Foto : Alvis Cyrille Jiyong Jang (Alvis Jean) / Model KF-X yang dipamerkan di Seoul ADEX 2017

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan