Gagal Hadang Kapal Tanker Iran, AS Kerahkan Pasukan Khusus Ke Perbatasan Venezuela

Setelah serangan tentara bayaran gagal bulan lalu melawan Venezuela dan kegagalan untuk mencegah pengiriman bahan bakar Iran, dan setelah rentetan lain dari ‘tekanan maksimum’ dan ancaman ke Venezuela, Amerika Serikat (AS) telah mengumumkan bahwa mereka akan mengirim Brigade Bantuan Pasukan Khusus ke Kolombia ke memerangi perdagangan narkoba ‘dan’ memastikan perdamaian ‘. Salah satu titik fokus utama dari upaya mereka adalah wilayah di sepanjang perbatasan dengan Venezuela. Seperti dilansir media southfront.org (29/05/2020)

Menurut pernyataan yang dikeluarkan pada hari Rabu oleh Kedutaan Besar AS di Kolombia, brigade khusus Angkatan Darat Amerika Serikat akan dikerahkan ke Kolombia pada bulan Juni untuk ‘mendukung perdamaian dan memerangi perdagangan narkoba’ di daerah-daerah yang dilanda oleh kekerasan, kejahatan dan kemiskinan.

Pengerahan ini melibatkan pasukan Brigade Bantuan Pasukan Keamanan (SFAB), yang sudah memiliki pasukan yang dikerahkan ke Karibia sebagai bagian dari pasukan untuk ‘melawan perdagangan narkotika’ (dan upaya untuk menegakkan blokade maritim melawan Venezuela). AS sebelumnya sudah memiliki ratusan personel militer di Kolombia.

SFAB adalah unit khusus Angkatan Darat Amerika Serikat yang dibentuk untuk memberi saran dan membantu operasi di negara-negara sekutu. Misi di Kolombia akan dimulai pada awal Juni dan berlangsung selama beberapa bulan, di mana fokusnya terutama akan pada ‘Zona Masa Depan’ (Zonas Futuro) yang ditentukan oleh Pemerintah Kolombia.

Baca Juga:  China Luncurkan Kapal Perang Destroyer Terbesar di Asia
Peta negara Kolombia dan Venezuela

Zonas Futuro adalah rencana Pemerintah Presiden Kolombia Iván Duque, yang memungkinkan Negara untuk campur tangan secara komprehensif, dengan program keamanan, keadilan dan investasi sosial, di wilayah yang paling terkena dampak kekerasan, kejahatan dan kemiskinan. Tidak menutup kemungkinan termasuk negara tetangga, Venezuela.

1 Komentar

Tinggalkan Balasan