Gara-Gara Selingkuh, Informasi Militer Inggris Hampir Bocor

Dua perwira tinggi Royal Navy (AL Inggris) yang berselingkuh ketika berdinas di kapal selam nuklir telah dikeluarkan dari militer karena membahayakan keamanan nasional setelah membahas informasi rahasia melalui email.

Kedua pelaku tersebut bernama Letnan Sophie Brook yang dipandang sebagai kapten kapal selam wanita pertama di Inggris dan Mayor Nicholas Stone. Kedua orang tersebut menempatkan kerahasiaan senjata nuklir Trident dalam bahaya dengan membagikan pergerakan kapal selam yang bersifat rahasia, yang bisa saja dicegat oleh musuh.

Menurut Daily Mail, pengadilan militer Bulford di Wiltshire diberitahu bahwa informasi tentang kapal selam kelas Vanguard HMS Victorious “akan berguna bagi musuh” dan membahayakan “seluruh” deterent nuklir negara tersebut.

Pengadilan diberitahu bahwa pesan, yang dikirim ke akun Yahoo Stone, adalah bagian dari “hubungan seksual rahasia” antar perwira.

Pada Juli 2020 HMS Victorious akan berlayar untuk melakukan patroli. Pengadilan militer diberitahu bahwa pada saat hari pelayaran Brook mengirimkan beberapa email menggunakan akun MODnet, sebuah sistem komunikasi terenkripsi.

Email tersebut berisi lokasi kapal selam dalam beberapa waktu kedepan, arah perjalanan, kecepatan, kedalaman menyelam, dan konfirmasi waktu pelayaran.

Pengadilan diberitahu bahwa Stone membalas email-email ini tetapi tidak mempertanyakan mengapa dia mengirim informasi ini ke akun email publik di Yahoo – itu berarti informasi yang sama dikirim kembali kepadanya sebagai bagian dari pesan rantai.

Baca Juga:  Batalkan Rencana Kapal Induk Yang Lebih Canggih, China Bangun Kapal Induk ke-4 Dengan Teknologi Biasa

Komandan Peter Barker mengatakan bahwa Stone sama sekali tidak membuat laporan atas kebocoran tersebut karena ia mengetahui bahwa hubungannya akan terungkap. Kebocoran tersebut diketahui oleh perwira lainnya ketika kapal selam akan berlayar.

Akibat dari kejadian tersebut, Nicholas Stone mendapatkan hukuman 4 bulan penjara dan skors selama 12 bulan. Sementara itu Brooks dipenjara selama 5 bulan, skors selama 12 bulan, dan denda sebesar £2,286.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan