Generasi Terbaru Pesawat Tempur F-15 Terbang Perdana

Boeing dilaporkan telah sukses menggelar penerbangan perdana F-15EX, generasi terbaru pesawat F-15, pada 2 Januari lalu. Boeing mengejar targer untuk bisa melakukan pengiriman dua jet pertama seri inj ke Angkatan Udara AS pada akhir kuartal 2021 ini.

Uji coba dilaporkan dari Bandara Internasional St. Louis Lambert, dan berhasil menyelesaikan terbang perdananya selama 90 menit.

Chief Test Pilot Boeing F-15, Matt Giese melakukan pemeriksaan avionik, sistem dan perangkat lunak jet multirole tersebut. Tim penguji yang memantau data yang dikumpulkan selama penerbangan secara real time memastikan bahwa pesawat bekerja sesuai rencana.

Backbone digital pada pesawat tempur ini berarti pesawat tersebut dapat berfungsi sebagai testbed untuk penyisipan teknologi masa depan, yang merupakan keunggulan utama Angkatan Udara AS. Varian paling modern F-15 ini juga mencakup kontrol penerbangan fly-by-wire, kokpit digital baru, radar AESA modern, dan komputer misi tercepat di dunia ADCP-II.

F-15EX merupakan F-15 versi paling canggih hingga saat ini, menampilkan sistem peperangan elektronik Eagle Passive/Active Warning dan sistem peperangan elektronik Survivability System untuk meningkatkan efektivitas misi dan survivabilitas bagi operator.

Pada bulan Juli, Angkatan Udara AS memberi Boeing kontrak untuk membangun delapan jet pertama. Rencana ke depan akan dibangun 144 pesawat.

Sumber : airrecognition.com

Baca Juga:  India Akan Akhiri Penggunaan Pesawat MiG-27 Yang Sudah Tua Bangka

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan