Hari ke-9 Perang Ukraina: Rusia Rebut Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia

Pada tanggal 4 Maret, bentrokan antara Angkatan Bersenjata Rusia dan militer Ukraina berlanjut di sebelah barat Kyiv. Pasukan Rusia telah memperluas zona kontrol di daerah tersebut sehingga memaksa formasi Ukraina untuk mundur.

Pertempuran sengit sedang terjadi di desa Bucha. Tentara Rusia mengambil alihnya pada pagi hari tanggal 3 Maret, tetapi Tentara Ukraina melancarkan serangan balasan. Bentrokan parah juga terjadi di Desa Irpin.

Tidak ada perubahan signifikan dari situasi yang terjadi di dekat Kharkiv. Pasukan Rusia berada di pinggiran utara kota dan melewatinya dari tenggara. Mereka secara teratur memberikan serangan tepat di tempat-tempat di mana pasukan pro-Kiev terkonsentrasi. Sebagai tanggapan, unit Ukraina menggunakan peluncur roket, setidaknya beberapa di antaranya dikerahkan di daerah pemukiman. Operasi untuk sepenuhnya membersihkan kota dari pasukan pro-Kiev diharapkan dalam waktu dekat.

Di Mariupol, bentrokan berlanjut di pinggiran kota. Tentara Ukraina dan batalyon nasionalis berusaha melawan kekuatan superior DPR dan Rusia. Negosiasi sedang berlangsung untuk mengatur koridor kemanusiaan untuk penarikan warga sipil. Operasi untuk sepenuhnya membersihkan kota dari unit pro-Kiev yang tersisa belum diluncurkan.

Di Vonovakha, militer Rusia dan pasukan republik rakyat telah mengembangkan operasi mereka untuk menghilangkan pengelompokan pasukan pro-Kiev di sana. Angkatan Darat Ukraina dan batalyon nasionalis menderita kerugian yang signifikan dalam tenaga kerja dan peralatan. Pada saat yang sama, pasukan DPR hampir mencapai kota Severodonetsk dari utara.

Baca Juga:  Ukraina dan Pemberontak Saling Tukar Ratusan Tawanan Perang

Di arah Slavyansk-Kramatorsk, pasukan Rusia bergerak maju menuju Krasny Liman dari timur laut, setelah menguasai Balakleya. Mereka maju menuju pemukiman Izyum. Saat ini, ada pertempuran dan serangan udara di daerah tersebut. Target serangan udara adalah fasilitas yang tersisa yang ditempati oleh militer Ukraina dan pejuang pertahanan teritorial. Dengan menguasai Izyum, pasukan gabungan Rusia dan LPR akan menciptakan kemungkinan pengepungan pengelompokan pasukan Kiev di area operasi ini.

Militer Ukraina masih memegang posisi di dekat Horlivka. Pasukan Pro-Kiev melakukan serangan artileri reguler di Donetsk. Menurut otoritas DPR, objek sipil menjadi sasaran utama.

Nikolaev sebagian diblokir oleh pasukan Rusia. Sebuah operasi sedang dipersiapkan untuk mengambil kota di bawah kendali penuh. Saksi mata melaporkan konsentrasi unit Angkatan Darat Ukraina dan pasukan pertahanan teritorial di pinggiran selatan. Hingga pagi hari tanggal 4 Maret, tidak ada bentrokan yang dilaporkan di sana.

Pertempuran sengit terjadi di dekat Voznesensk. Untuk menghalangi serangan ke Kyiv dari selatan, militer Ukraina meledakkan dua penyeberangan melintasi Sungai Bug Yujniy. Menurut para ahli, kemajuan di Odessa direncanakan setelah pembentukan kontrol penuh atas Nikolaev.

Di Kherson, pasukan Rusia secara bertahap membangun kontrol penuh atas wilayah tersebut. Pengiriman bantuan kemanusiaan telah dimulai. Pasokan air dari Kanal Krimea Utara ke wilayah semenanjung Krimea telah diatur.

Pasukan Rusia memblokir kota Chernihov. Pertempuran meletus di sebelah utaranya. Namun, tidak ada serangan langsung yang diluncurkan.

Baca Juga:  2000 Pasukan Oposisi Suriah Dikirim Turki ke Libya

Sementara itu, Rusia mulai membangun kendali atas kota Energodar. Sekarang mereka bekerja untuk menghilangkan posisi militer Angkatan Darat Ukraina di kota. Pada akhir 3 Maret dan awal 4 Maret, bentrokan terjadi di daerah tersebut, termasuk daerah dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia di mana Tentara Ukraina menetapkan posisi. Hal ini memungkinkan pemerintah Zelensky untuk berspekulasi bahwa kemajuan Rusia dapat membahayakan pembangkit nuklir. Meskipun demikian, sumber-sumber lokal melaporkan bahwa pada pagi hari Rusia telah menguasai dan mengamankan fasilitas tersebut.

Secara umum, pasukan Kiev mundur ke utara Wilayah Zaporizhzhia, tempat Angkatan Bersenjata Rusia juga maju.

Putaran kedua negosiasi Ukraina-Rusia tidak mencapai terobosan. Meskipun demikian, kedua pihak sepakat untuk bekerja membangun ‘koridor hijau’ untuk evakuasi warga sipil dan pengiriman bantuan kemanusiaan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan