Hasil Voting Anggota PBB Terkait Serangan Rusia

Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa melakukan voting pada sesi darurat Rabu, 2 Maret 2022, untuk menuntut penghentian segera serangan Moskow di Ukraina dan penarikan semua pasukan Rusia, dengan tepuk tangan terus-menerus pecah setelah menunjukkan dukungan yang tangguh di antara 193 negara anggota, yang mayoritas meminta Rusia untuk mundur.

Pemungutan suara pada resolusi “Agresi terhadap Ukraina” menghasilkan 141 negara menuntut penghentian dan penarikan mundur pasukan Rusia di Ukraina, lalu ada 5 negara yang menentang keputusan tersebut dan 35 negara lainnya abstain.

Tiongkok, India dan Kuba yang notabennya memiliki hubungan ekonomi, militer dan politik cukup dekat dengan Rusia menyatakan abstain. Sedangkan Belarusia, Suriah, Korea Utara, dan Eritrea yang akrab dengan Rusia, jelas menentang penarikan mundur pasukan Rusia dari Ukraina.

Resolusi ini juga menyerukan Rusia untuk membatalkan keputusan untuk mengakui dua bagian separatis di Ukraina timur sebagai wilayah merdeka.

Duta Besar Tiongkok untuk PBB Zhang Jun menjelaskan alasan mereka abstain adalah keadaan saat ini di Ukraina sangat “Menyayat Hati”. Dia menegaskan kembali dukungan Beijing untuk kedaulatan dan integritas teritorial semua negara, dan untuk penyelesaian damai semua perselisihan sesuai dengan Piagam PBB.

Baca Juga:  Kapal Induk Perancis Ditarik Pulang, 40 Awaknya Terkena Corona

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan