Helikopter Black Hawk Siluman Amerika Terjepret Kamera Saat Evakuasi di Afghanistan

Penampakan langka saat varian siluman dari Helikopter Blackhawk muncul ke publik dalam evakuasi di kota Kabul, Afganistan. Selama ini Amerika Serikat selalu menyangkal keberadaan alutsista tersebut, Stealth Hawk atau helikopter ini diyakini dioperasikan hanya oleh pasukan khusus elit, sebagai senjata rahasia.

Berdasarkan saksi mata dalam operasi penggrebekan Osama bin Laden pada 2011 lalu, warga setempat sama sekali tidak mendengar suara terbangnya helikopter tersebut hingga mendekat diatas kepala mereka.

Regu Night Stalkers menggunakan Stealth Blackwahk untuk menyusup ke wilayah Pakistan tanpa terdeteksi sama sekali.

Stealth Black Hawk sangat terinspirasi dari desain RAH-66 Commanche, berikut ini data teknis dari RAH-66 Commanche. Diawaki 2 orang pilot dengan kecepatan terbang mencapai 324 km/perjam, pada ketinggian terbang 4 km. Memiliki sistem persenjataan yang sama seperti Apache, Commanche juga dibekali dengan kanon, rudal dan roket yang sangat mematikan.

Navy SEAL DEVGRU tercatat sebagai pengguna pertama Stealth Black Hawk, walaupun dari segi manuver dan persenjataan sangat lemah. Heli ini menyimpan keunggulan lain yaitu dapat terbang tinggi, sangat senyap, dan tidak terdeteksi radar. Namun, helikopter siluman ini jatuh pada saat penyerangan rumah Osama bin Laden, dan beberapa material sensitif dan rahasia berhasil direbut sejumlah pihak.

Pembuatan helikopter Stealth Black Hawk berawal dari pengembangan Boeing-Sikorsky RAH-66 Comanche, yang akan digunakan untuk misi penyerangan terbatas. Namun program tersebut dibatalkan dan dialihkan untuk menciptakan heli angkut siluman. RAH-66 sendiri pengembangannya menghabiskan dana sebesar 7 milyar dollar Amerika, dan rencananya RAH-66 diciptakan untuk menggantikan heli apache

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan