Helikopter Cobra Hibah Dari Yordania Mulai Berdinas Di AU Filipina

Salah satu dari dua helikopter serang Bell AH-1S ‘Cobra’ Angkatan Udara Filipina (PAF) telah tiba di markas Strike Wing ke-15 di Pangkalan Udara Mayor Danilo Atienza (MDAAB) di Sangley Point, Cavite City pada Kamis.

Komandan Sayap Serangan ke-15, Brig. Jenderal Aristoteles Gonzalez dan perwira tinggi lainnya dari unit tersebut menyambut baik pesawat dan awaknya.

AH-1S ‘Cobra’ yang dipiloti oleh Mayor Reese James A. Obeso, PAF, Komandan Skuadron, Skuadron Serangan ke-20, dan Kapten Wilmore Kristus A. Tanamor lepas landas dari Pangkalan Udara Clark dan melakukan operan rendah sebelum melakukan pendaratan pertama di MDAAB. Setelah itu, pesawat diberi penghormatan meriam air tradisional dan diberkati oleh Pastor Salcedo Galvan. Kemudian diikuti dengan upacara penuangan sampanye untuk menandai kegembiraan dan kesucian acara tersebut,” kata Strike Wing ke-15 dalam sebuah pernyataan di postingan Facebook pada hari Jumat.

Dalam pesannya, Gonzalez mengatakan kedatangan pesawat itu adalah yang pertama bagi Strike Wing ke-15 karena mereka secara resmi menyambut “helikopter serang khusus”.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk mengoperasionalkan dan mempercepat kepulangan helikopter tersebut.

“Platform ini akan melengkapi MD-520MG dari Skuadron Serangan ke-20 dan semoga berhasil digunakan dan memberikan dukungan kepada unit AFP (Angkatan Bersenjata Filipina) lainnya,” kata Gonzalez.

Kedua helikopter serang Bell AH-1S ‘Cobra’ tersebut merupakan sumbangan dari pemerintah Yordania pada tahun 2018.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan