Helikopter Ka-52 Rusia Salah Tembak Sasaran pada Sebuah Latihan

Sebuah video yang beredar melalui media sosial menunjukkan sebuah helikopter serang Ka-52 Alligator secara tidak sengaja menembakkan roket ke arah penonton dan mobil yang diparkir dalam suatu latihan.

Kamov Ka-52 Alligator adalah helikopter serbu segala cuaca dengan sistem rotor koaksial yang khas dari biro desain Kamov. Rekaman tersebut menunjukkan dua helikopter tempur tengah melakukan approach ke suatu kawasan yang mungkin merupakan tempat latihan, di mana beberapa mobil diparkir. Lalu, tiba-tiba, salah satu helikopter menembakkan sebuah roket ke sebuah kendaraan yang hampir mengenai juru kamera.

Menurut beberapa sumber, klip yang bocor secara online pada 19 September tersebut, diduga difilmkan pada latihan Zapad 2017 yang sedang berlangsung; namun militer Rusia membantah klaim yang menyebar melalui media sosial itu dan meski tidak mengatakan kapan dan di mana kejadiannya, dikatakan bahwa insiden tersebut terjadi pada saat latihan lainnya.

Dalam pernyataannya di media RT, militer Rusia mengatakan bahwa dalam insiden yang terjadi di video tersebut “sistem pembidik salah satu helikopter salah mengunci sasaran. Tembakan rudal udara-ke-permukaan yang tidak terarah itu menyebabkan kerusakan pada sebuah truk, tapi tidak ada orang yang terluka.”

Sumber intelijen publik menyebutkan salah satu rudal yang mempersenjatai Ka-52 adalah rudal anti-tank Vikhr dan melaporkan bahwa rudal tersebut, “dapat dikatakan tahan terhadap jamming dan memiliki sistem pemandu otomatis untuk pembidikan.” Kamov Ka-52 juga membawa High Velocity Aircraft Rocket (HVAR) S-13 122mm dan S-8 80mm yang diluncurkan dari pod roket. Tidak diketahui amunisi mana yang dilepaskan dalam kejadian itu.

Baca Juga:  Skuadron Udara 27 Biak Siap Beroperasi Mei 2019

Sementara itu media Life.ru juga merilis video rekaman HUD helikopter Ka-52 yang diduga menembakkan roket saat latihan tersebut. Roket menghantam sebuah truk di darat. Life.ru juga merilis video dimana dikatakan bahwa video tersebut juga menunjukkan insiden yang sama yang menunjukkan sudut yang berbeda dengan video yang beredar melalui media sosial. Dalam video itu roket yang ditembakkan oleh helikopter mengenai sebuah truk.

Sumber : theaviationist.comrt.com (diterjemahkan dan diedit oleh TSM)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan