Helikopter Leonardo AW139 Pesanan Malaysia, Terbang Perdana

Helikopter Leonardo AW139HOM pesanan
Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM)/AL Malaysia, dilaporkan telah melakukan terbang perdana di atas fasilitas Leonardo Turin, Italia sekitar tanggal 16 atau 17 September.

Ini adalah helikopter yang pertama dari total tiga yang dipesan. Helikopter tersebut akan dioperasikan oleh Skadron No 503 Pangkalan Udara Angkatan Laut Kota Kinabalu.

Helikopter sementara masih menggunakan nomor registrasi Italia CSX820036 tetapi akan segera mendapatkan nomor seri militernya yang bisa jadi M503-01 sesuai dengan konvensi yang ditetapkan untuk helikopter dan pesawat angkatan laut Malaysia.

M503-01 pada tampilan depan terlihat dengan turret kamera elektro optik/infra merah (EO/IR) yang dipasang di dagu helikopter. juga terdapat radar, flash light serta hoist yang akan dioptimalkan untuk Operasi Khusus (SpecOps) dalam mendukung PASKAL Unit 2 dari KD Sri Semporna serta misi pasokan (RESUP) dan pengisian vertikal (VERTREP) untuk kapal perang, kapal selam, stasiun lepas pantai dan pangkalan laut di bawah komando Armada Timur.

Selain di darat, helikopter tersebut juga akan diterbangkan ke KD Sri Semporna di Semporna, Sabah dimana PASKAL Unit 2 ditempatkan. Helikopter tersebut juga akan beroperasi di atas pangkalan laut PL Tun Sharifah Rodziah, dua Kapal Multi Purpose Support and Command Ship (MPCSS) KD Mahawangsa dan KD Sri Inderaskati serta dua Kapal Auxiliary Angkatan Laut KA Tun Azizan dan KA Bunga Mas 5.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan