Hyundai Korsel Luncurkan Kapal Selam Dengan Rudal Balistik Berbobot 3.000 Ton

Shin Chae-ho, kapal selam 3.000 ton yang dikembangkan dengan teknologi asli oleh Hyundai Heavy Industries di Ulsan, diluncurkan Selasa (28 September) oleh Administrasi Program Akuisisi Angkatan Laut dan Pertahanan Republik Korea.

Sebuah upacara peluncuran untuk kapal selam baru, dinamai dari seorang aktivis kemerdekaan Korea terkemuka, Shin Chae-ho, berlangsung di galangan kapal Hyundai Heavy Industries Co. di kota tenggara Ulsan.

Shin Chae-ho adalah kapal selam ketiga Batch 1 dari KSS-III (kelas Dosan Ahn Changho), setelah Dosan Ahn Changho dan Ahn Mu. Shin Chae-ho membawa enam tabung peluncuran untuk rudal balistik yang diluncurkan kapal selam (SLBM) sama dengan Dosan Ahn Changho, yang berhasil meluncurkan SLBM pada 15 September.

Ini adalah yang ketiga dan terakhir dari tiga Batch Changbogo-III -I kapal selam Korea Selatan telah membangun dengan teknologinya sendiri di bawah proyek 3,09 triliun won ($2,77 miliar) yang diluncurkan pada tahun 2007.

Para pejabat mengatakan kapal selam Dosan Ahn Chang-ho pertama diluncurkan pada 2018 dan dikerahkan bulan lalu, sedangkan yang kedua, Ahn Mu, diluncurkan pada November tahun lalu dan dijadwalkan akan diberikan kepada Angkatan Laut sekitar tahun depan.

Korea Selatan mengungkapkan SLBM domestik pertamanya awal bulan ini, melaporkan peluncuran uji coba yang sukses dari kapal selam Dosan Ahn Chang-ho. Kapal selam kelas tersebut dikatakan memiliki enam tabung pendaratan vertikal yang mampu menembakkan SLBM, menurut para pejabat.

Baca Juga:  Korsel Kembangkan Baterai Lithium Baru Untuk Kapal Selama Chang Bogo Generasi III

Kapal selam dengan panjang 83,5 meter dan lebar 9,6 meter ini dapat membawa 50 awak. Menurut pejabat, itu dapat beroperasi di bawah air selama 20 hari tanpa permukaan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan