India Akan Akhiri Penggunaan Pesawat MiG-27 Yang Sudah Tua Bangka

Setelah serangkaian tabrakan terjadi, Indian Air Force (IAF) memutuskan untuk menonaktifkan pesawat MiG-27 dengan satu satunya skuadron tersisa di Rajasthan’s Jodhpur. Seorang perwira senior IAF mengatakan bahwa skuadron terdiri dari tujuh MiG-27 akan segera dipensiunkan pada 27 November dari Jodhpur Airbase, “Ini akan menjadi sejarah karena tidak ada negara lain yang mengoperasikan MiG-27 sekarang,” kata petugas itu.

Sebanyak 165 unit MiG-27 yang dibangun oleh HAL atas lisensi diterima oleh India pada tahun 1980an, pesawat tempur tersebut terbilang sukses di tangan IAF terutama dalam Kargil War.

“Dengan avionik dan komputer senjatanya yang canggih, ia mampu memberikan berbagai muatan dalam berbagai mode serangan dengan ketelitian luar biasa,” lanjut petugas itu.

Pada 31 Maret, sebuah jet tempur MiG-27 jatuh di sebuah desa di Sirohi di Rajasthan ketika sedang dalam misi rutin dari Jodhpur.

Pada tanggal 4 September, pesawat MiG-27 lainnya jatuh di dekat Jodhpur selama misi rutin tetapi pilot dan co-pilot dapat selamat, setelah banyak insiden seperti itu, IAF memutuskan untuk menghentikan operasional pesawat vintage tersebut.

Sumber: Mighty War

Baca Juga:  Amerika Akan Kirim Ribuan Marinir Tambahan ke Asia, Termasuk ke Australia?

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan