India Berhasil Luncurkan Rudal Brahmos dari Pesawat Su-30MKI

Ambisi India untuk bisa meluncurkan rudal balistik dari tiga matra akan segera terwujud. Pesawat Sukhoi Su-30MKI milik AU India dikabarkan sudah berhasil melakukan uji coba perdana meluncurkan rudal balistik kelas menengah Brahmos pada hari Rabu (22/11/2017) seperti dilansir indiatimes.com
Brahmos sampai saat ini adalah rudal jelajah supersonik tercepat di dunia. Rudal hasil kerjasama India dan Rusia itu, sekarang bisa diluncurkan dari darat, laut melalui kapal selam atau permukaan dan sekarang dari udara dari pesawat tempur supersonik multirole Sukhoi Su-30MKI.

Rudal tersebut diuji terhadap sebuah sasaran di laut di Teluk Benggala. Menlengkapi kemampuan triad rudal India. Musuh akan masih sulit memprediksi darimana India meluncurkan rudal mematikan ini.

Keunggulan lain Brahmos adalah kemampuanya untuk menembak sasaran di mana saja dalam bentuk apa saja. Di udara dia mampu memburu pesawat tempur, menghajar kapal di permukaan laut maupun kapal selam. Di darat dia juga ampuh.

Dengan kemampuan bisa diluncurkan dari Su-30MKI, Brahmos akan semakin mobil dan bisa cepat menyerang ke sasaran dari jarak lebih dekat dan lebih mematikan.

Rudal itu djatuhkan dari pesawat secara gravitasi dan mesin rudal dua tahap menyala dan mendorongnya ke arah sasaran.

Tahap pertama sistem membawa rudal tersebut ke kecepatan supersonik dan tahap kedua mempercepatnya mendekati Mach 3, atau tiga kali kecepatan suara. saat ini sedang dikerjakan pengembangan Brahmos versi hipersonik dengan kecepatan  Mach 5.
“Uji coba penembakan udara perdana Rudal Jelajah Luncur Udara (Air Launched Cruise Missile – ALCM) BrahMos dari Su-30MKI secara signifikan akan meningkatkan kemampuan operasi tempur udara Angkatan Udara India dari jarak jarak jauh (stand-off),” kata kementerian pertahanan India. Pihak AU India mengatakan bahwa pengujian tersebut merupakan pencapaian besar.

Baca Juga:  Sistem Rudal Patriot MIM-104 Amerika Laris Manis di Eropa, Rusia Sewot

Video : www.youtube.com/watch?v=28f91nIVjV8

Sumber: indiatimes.com

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan