India Coba Tawarkan Pesawat Tejas Ke Negara ASEAN, Indonesia Berminat?

Tejas pesawat tempur buatan Hindustan Aeronautics Limited (HAL) India ini sedang gencar ditawarkan ke negara lain. Nilai jualnya yang paling utama adalah harganya yang murah meriah.

Menueut R.Madhavan, pimpinan Hindustan Aeronautics Limited (HAL), di pameran Aero India yang diadakan di Bengaluru. Beberapa negara di Asia Tenggara dan Timur Tengah tampaknya tertarik sama pesawat dengan sayap delta ini.

Harga satu pesawat Tejas untuk eskpor dibandrol $42,44 juta. Jelas murah banget jika dibandingkam dengan harga F16V yang menurut quora.net menvapai $121,8 juta.

India secara aktif mencari potensi ekspor untuk pesawat buatan dalam negeri Light Combat Aircraft (LCA) Tejas dengan harga hanya Rs 309 crore (sekitar $42,44 juta) per pesawat, dimana negara-negara dari Asia Tenggara dan Timur Tengah telah menunjukkan minatnya, kata

Madhavan juga menjanjikan harga bisa lebih murah lagi, karena sedang melobi pemerontah India untuk menurunkan komponen pajak dan bea cukai.

“(Rs 309 crore/$42,44juta) adalah harga yang akan kami tawarkan untuk ekspor. Akan ada sedikit biaya tambahan karena pengirimannya ke luar negeri,” tambah Madhavan.

Pesaing utama Tejas Mark 1A, dalam hal ekspor, adalah produk kerjasama Tiongkok-Pakistan, JF-17.

Pejabat pertahanan India berpendapat bahwa Tejas memiliki kinerja yang unggul karena memiliki mesin yang lebih baik, sistem radar dan perlengkapan perang elektronik, selain keunggulan persenjataan seperti rudal Beyond Visual Range (BVR).

Baca Juga:  Panglima TNI Himbau Stabilitas di Laut China Selatan

Sumber : theprint.in

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan