India Dapat Lisensi Produksi Sendiri Rudal ASRAAM Dari Inggris

Produsen amunisi dan sistem rudal India, Bharat Dynamics Limited (BDL) mendapat lisensi dari MBDA dari Inggris untuk mendirikan fasilitas untuk Final Assembly, Integration and Test (FAIT) rudal Advanced Short Range Air-to-Air Missile (ASRAAM) di India.

MBDA Inggris akan mentransfer peralatan dan pengetahuan kepada BDL untuk mendirikan fasilitas pabrik yang direncanakan akan memulai operasi pada tahun 2022-2023.

Perjanjian lisensi ini adalah bagian dari ambisi India untuk tidak sekedar membeli senjata dan membuatnya di dalam negeri, tapi juga untuk transfer teknologi sebagaimana diamanarkan pemerintah India dalam program ‘Make in India’ dan inisiatif ‘Atmanirbhar’ di sektor pertahanan.

ASRAAM, yang juga dikenal oleh Amerika Serikat sebagai AIM-132, adalah rudal udara-ke-udara imaging infrared homing (heat seeking), yang diproduksi oleh MBDA UK, yang dirancang untuk pertempuran udara jarak dekat. Rudal ini sudah dioperasikan oleh Angkatan Udara Inggris (RAF) dan Angkatan Udara Australia (RAAF), menggantikan ridal AIM-9 Sidewinder.

ASRAAM dirancang untuk memungkinkan pilot menembak dan kemudian menghindar sebelum pesawat lawan dapat mendekat. Rudal terbang dengankecepatan Mach 3 dengan jangkauan lebih dari 25 kilometer (16 mi). Rudal mampu bertahan pada manuver 50G berkat teknologi body lift yang dipadu dengan kontrol ekor.

ASRAAM adalah rudal udara-ke-udara pencari panas berkecepatan tinggi dan berkemampuan manuver tinggi. Rudal yang dikembangkan oleh MBDA UK ini dirancang sebagai rudal “fire-and-forget”. ASRAAM dimaksudkan untuk mendeteksi dan diluncurkan terhadap sasaran pada jarak yang jauh, sebelum lawan mendekat untuk menembakkan senjatanya. Dalam hal ini, ASRAAM banyak kemiripan dengan AMRAAM daripada rudal infra merah lainnya. Peningkatan utama rudal ini adalah penggunaan seeker baru imaging infrared focal plane array (FPA) dengan resolusi 128×128 yang diproduksi oleh Hughes sebelum perusahaan itu diakuisisi oleh Raytheon.

Baca Juga:  Erdogan: Turki Beli S-400 Bukan Untuk Disimpan Di Gudang

Bharat Dynamics Limited (BDL) adalah salah satu produsen amunisi dan sistem rudal terkemuka India. BDL didirikan pada tahun 1970 untuk menjadi basis manufaktur untuk sistem senjata berpemandu. Dimulai sebagai kumpulan para insinyur yang diambil dari Indian Ordnance Factories, DRDO dan Industri Aerospace, BDL mulai dengan memproduksi rudal anti-tank generasi pertama – SS11B1 Prancis. BDL memiliki tiga unit manufaktur, yang terletak di Kanchanbagh, Hyderabad, Telangana; Bhanur, Distrik Medak, Telangana dan Visakhapatnam, Andhra Pradesh.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan