India Iiznkan Rudal Akash Untuk Dijual Ekspor

India telah menyetujui penjualan rudal permukaan-ke-udara Akash, platform udara dan sistem persenjataan lain untuk diekspor.

Komite Keamanan Kabinet India (CCS) yang diketuai oleh Perdana Menteri Narendra Modi mengambil keputusan untuk menjual senjata guna mencapai target ekspor India sebesar $ 5 miliar dan meningkatkan hubungan strategis dengan negara-negara sahabat, media India melaporkan.

Vietnam, Filipina, dan UEA dilaporkan telah menunjukkan minat untuk membeli sistem rudal Akash tersebut.

Akash dapat menargetkan pesawat lawan hingga jarak 30 km, pada ketinggian hingga 18.000 m. Sistem ini menyediakan perlindungan rudal pertahanan udara untuk area seluas 2.000 km². Rudal Akash memiliki kemampuan untuk menetralisir sasaran udara seperti jet tempur, rudal jelajah dan rudal udara-ke-permukaan serta rudal balistik.

Baterai Akash terdiri dari radar passive electronically scanned array (PESA) 3D Rajendra dan empat kendaraan peluncur dengan masing-masing membawa tiga rudal, dimana kesemuanya saling terkait dan berhubungan. Setiap baterai dapat melacak hingga 64 sasaran dan menyerang hingga 12 sasaran di antaranya. Rudal memiliki hulu ledak high-explosive 60 kg fragmentasi dengan proximity fuze. Sistem Akash dapat sepenuhnya bergerak (mobile) dan mampu melakukan perlindungan untuk konvoi kendaraan yang bergerak.

Selain itu, Abu Dhabi juga dikabarkan berminat pada rudal udara-ke-udara dengan jangkauan 70 km Astra. Rudal ini kemungkinan dimaksudkan untuk mempersenjatai jet Mirage 2000 yang dioperasikan oleh negara itu.

Baca Juga:  Jin Type 094 Kapal Selam Nuklir Milik China Yang Ditakuti AS

Sumber : defenseworld.net/FP TSM Angga

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan