India Kembali Borong 6 Pesawat P-8 Poseidon Dari AS

India negara pembeli senjata nomer 1 di dunia ini kembali melakukan aksi pembelian dalam jumlah besar. Kali ini sasaranya adalah pesawat patroli P-8 Poseidon.

Pada Jumat lalu, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah mengumumkan persetujuan penjualan enam unit lagi Boeing P-8I Poseidon dan peralatan pendukungnya kepada India dengan kesepakatan $2,42 Miliar (Rp34,9 Triliun). Jika terealisasi India akan punya 18 pesawat P-8 Poseidon.

Angkatan Laut India sendiri pertama kali mengakusisi Boeing P-8 Poseidon pada tahun 2009 lalu sebanyak delapan pesawat dan pada 2016 mereka membeli empat unit kembali, India mengatakan pesawat tersebut akan mendukung stabilitas politik hingga militer di Samudera Hindia.

Pada November 2019, Dewan Akuisisi Pertahanan, yang diketuai oleh Menteri Pertahanan Rajnath Singh, menyetujui kembali pengadaan pesawat pengintai maritim jarak jauh yang diproduksi oleh Boeing tersebut. Selain Angkatan Laut India dan U.S Navy, P-8 juga dioperasikan oleh Royal Australian Air Force, Royal Air Force.

Sedangkan Royal New Zealand Air Force , Royal Norwegian Air Force dan Republic of Korean Navy juga telah memilih P-8A sebagai pesawat patroli maritim berikutnya.

Baca Juga:  Filipina Incar Kapal Selam Scorpene Prancis, Sudah Teken Kontrak LOI

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan