India Klaim Pesawat Tejasnya Lebih Baik Daripada JF-17 Buatan Pakistan

Kepala Komandan Angkatan Udara India yaitu Air Chief Marshal Bhadauria menegaskan bahwa pesawat tempur HAL Tejas buatan India jauh lebih canggih dan baik ketimbang JF-17 buatan Chia-Pakistan, disebutkan juga Tejas akan dilengkapi persenjataan lebih baik untuk menghadapi pertempuran udara kedepannya.

Bhaudria juga mengatakan pembelian 83 unit Tejas Mk-1A akan segera dimasukan kedalam Skuadron dan juga akan dilengkapi persenjataan lokal seperti rudal jarak jauh Astra.

“Dalam hal kemampuan serang, Tejas akan memiliki kemampuan persenjataan lebih baik ketimbang yang kami gunakan dalam Balakot Air Strike 2019 lalu”, Air Chief Bhadauria mengatakan kepada media ANI.

Pembelian 83 unit Tejas Mk-1A dengan nilai kurang lebih $7 Miliar (Rp98,3 Triliun) dianggap akan memperkuat armada udara lokal India, dan tentu mengubah permainan soal kemandirian manufaktur pertahanan India. Meski diterpa isu terlalu mahal untuk pesawat tempur single engine, namun Pemerintah India tetap memegang komitmen mendukung industri pertahanan lokal dan terus meningkatkan unsur kandungan lokal pada Tejas dari 50% hingga 60% pada akhir program. Tejas Mk-1A dilengkapi dengan radar UTTAM AESA, jammer, avionik superior, kemampuan menembak BVR hingga jarak oprasional lebih jauh.

Baca Juga:  Amerika Kembali Latihan Bareng Kopassus TNI AD

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan